DMI: Masjid Buka Dapur Umat selama Pandemi Corona

Foto: DMI for hajinews.id
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id-Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin mengatakan DMI akan terus hadir berkontribusi nyata kepada masyarakat dalam pandemik virus corona. Arahan ini juga disampaikan dalam rapat video conference pekan lalu bersama Ketua DMI seluruh Indonesia.

”Selain kegiatan penyemprotan, pembagian desinfektan, hari ini kita mulai dr Masjid pencanangan dapur umat penggeraknya organisasi pemuda/remaja Masjid yakni BKPRMI, JPRMI, ISYEF, PRIMA DMI,” kata Syafruddin.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sementara itu, Farhan sebagai penanggung jawab dapur umat menyampaikan pemuda atau remaja Masjid siap berkontribusi terhadap umat sekitar masjid. “Kita gotong royong saling membantu, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan bertempat di Masjid Jakarta Islamic Centre yang juga merupakan kantor DMI Provinsi DKI Jakarta,” katanya.

Sebagai langkah awal DMI akan membagikan 200 makanan yang akan disalurkan melalui masjid untuk masyarakat sekitar yang membutuhkan. Ke depan dengan dukungan dan partisipasi masyarakat dan lembaga DMI berharap dapat menambah jumlah makanan dan memperluas eskalasi persebaran atau titik distribusi melalui masjid-masjid lain.

”Kami berharap masjid-masjid di Jakarta tergerak untuk bisa secara mandiri meningkatkan peran ibadah sosial masyarakat di tengah keadaan masjid yang sementara waktu ditiadakan kegiatan ibadah rutinnya,” kata Syafruddin.

Sesuai dengan amanah Ketua Umum PP DMI Jusuf Kalla, bahwa masjid harus berperan untuk berkontribusi terhadap kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Dengan moto yang selalu disebutkan “Memakmurkan dan dimakmurkan masjid”.

Posko Dapur Umat untuk Masyarakat sebagai aksi kemanusiaan tidak memandang suku, ras, dan agama dengan menjadikan masjid sebagai titik distribusi. Yang terpenting, masyarakat dapat mendapatkan bantuan dari masjid sebagai sentral.

Ketua DMI DKI Jakarta KH. Ma’mun Al Ayyubi sebagai tuan rumah mengapresiasi kecepatan dan kepekaan pemuda atau remaja Masjid terhadap kondisi yang ada. Dia juga menyampaikan bahwa DMI selama pandemik ini tidak pernah libur, akan terus berkontribusi untuk ummat dan bangsa.

Secara terbatas hadir beberapa pengurus dari organisasi pemuda atau remaja Masjid yang kini berada di bawah naungan DMI, yakni BKPRMI, JPRMI, PRIMA DMI, dan ISYEF. Hadir juga pengelola Jakarta Islamic Center Ahmad, Ketua Pemuda DMI Arief Rosyid, Pengurus DMI DKI Sekretaris Zulfajri dan Bendahara Alfulailah. (wh)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *