Hikmah Covid-19, Dekat dengan Allah dan Manusia

Amirsyah Tambunan. (net)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Amirsyah Tambunan, Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dosen Pascasarjana FAI UMJ dan Wakil Ketua Majelis Wakaf PP Muhammadiyah

Islam merupakan agama yang komprehensif mengatur berbagai masalah kehidupan manusia. Dimensi kehidupan yang diatur adalah akidah, ibadah, akhlak dan muamalah. Masalah muamalah dalam wabah Covid-19 manusia membutuhkan perlindungan Allah dengan dasar akidah yang kuat. Praktik akidah dengan santun melalui akhlak yang mulia seperti memperlakukan pasien Covid-19 dengan santun, tanpa stigma negatif. Dengan dasar hubungan manusia dengan Allah (hablu minallah) Sang Pencipta, hubungan dengan sesama manusia (hablu minannas), menjadi ladang amal dalam mempraktikan ajaran Islam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Untuk itu akidah; asal kata aqoid, aqidatan berarti: simpul, janji, kokoh, akad, yakni akad dan perjanjian kita dengan bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad Saw adalah utusan Allah. Itulah yang disebut dengan dua kalimat syahadat. Bersifat mutlak dan tak bisa ditawar-tawar lagi.

Akidah merupakan prinsip nilai-nilai, dan cita-cita hidup yang bersumber dari Alquran dan Sunah yang diyakini secara mendalam sehingga menjadi dasar serta mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang.

Buah dari akidah adalah ibadah; ‘abada, ya’budu, ‘ibadatan, yang berarti, mendekatkan diri kepada Allah dengan menyembah, dan mengabdi kepada Allah SWT. Ibadah juga dapat berarti: taat, tunduk, menurut, mengikut, dan juga dapat diartikan doa. Ibadah merupakan masalah terpokok dalam ajaran agama Islam, karena hakikat diciptakannya manusia di muka bumi ini adalah untuk beribadah.

Allah berfirman dalam Alquran artinya:
“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku” (QS: Al-Dzariyat : 56).

Dimensi muamalah dari kata amalan, yuamilu; bergaul, berbisnis, berhubungan dengan orang lain. Jadi muamalah adalah hubungan manusia dengan manusia atau tingkah laku manusia antar sesama manusia. Muamalah merupakan ajaran yang berhubungan dengan pengolahan dunia dan pembinaan masyarakat dengan akhlaqul karimah.

Dalam keadaan pandemi virus Corona (Covid-19) seperti sekarang, puasa menjadi spesial karena tingkat spritual melalui ibadah puasa semakin tinggi. Secara bersamaan saat puasa menahan lapar dan haus tingkat imunitas semakin tinggi.

Jadi ibadah puasa dekat kepada Allah dan dekat dengan nilai kemanusiaan guna meraih hikmah Allah sebagaimana firman Allah:

Dalam konteks itulah sebagai orang beriman wajib memelihara diri (beriman dan bertaqwa) agar Allah memberikan hikmah Nya.

يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ

Artinya:
Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Alquran
Data terbaru yang dirilis pemerintah mengungkapkan bahwa masih ada penularan virus Corona yang menyebabkan kasus Covid-19 di Indonesia terus bertambah.

Berdasarkan data hingga Jumat (24/4/2020) pukul 12.00 WIB, ada penambahan 436 pasien Covid-19 di Indonesia. Hingga saat ini jumlah totalnya ada 8.211 kasus Covid-19 di Tanah Air, sejak kasus ini pertama diumumkan pada 2 Maret 2020.

Sesungguhnya puasa mengajarkan Muslim untuk berdisiplin dengan tidak makan dan minum sejak terbit fajar (subuh) sampai tenggelamnya matahari (magrib), tidak melakukan hubungan suami-istri, tidak berkata yang kotor, gibah, dan lain-lain selama satu bulan.

Ibadah yang paling disiplin adalah puasa sejak imsak hingga berbuka puasa. Nilai disiplin ini hendaknya dapat menurunkan angka penyebaran Covid-19.

Untuk itu, disiplin pola makan dan istirahat dengan baik dan bisa dipraktikkan berbarengan dengan menjauhi kerumunan, rajin cuci tangan pakai sabun, mengenakan masker jika terpaksa keluar rumah, dan tetap di rumah saja.

Pada bulan Ramadan yang mulia dan penuh ampunan, penuh berkah ini, marilah kita berdoa kepada Sang Khalik Pencipta, agar wabah Covid-19 segera berlalu sehingga kita bisa menjalankan ibadah dengan sempurna. Semoga kita mendapat pertolongan dari Allah. Nasrun MinAllah. (*)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *