Umat Muslim di Wondama Masih Salat Jumat dan Tarawih di Masjid

Foto: Antara
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



TELUK WONDAMA, hajinews.id- Umat Muslim di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat tetap melaksanakan Salat Jumat maupun Salat Tarawih secara berjamaah di masjid dalam bulan Ramadan di tengah pandemi virus corona atau COVID-19.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Teluk Wondama H. Abudin Ohoimas mengatakan pelaksanaan ibadah di masjid maupun musala masih diperbolehkan lantaran Teluk Wondama sejauh ini masih bebas virus corona karena belum ada kasus PDP maupun positif.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dia menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemda termasuk dengan Polres Teluk Wondama terkait boleh tidaknya melaksanakan ibadah di masjid maupun musala.

“Bahwa pada prinsipnya Pemda mempersilahkan kita bisa melakukan ibadah Salat Jumat maupun Salat Tarawih. Pertimbangannya karena Wondama ini masih zona hijau, masih aman sehingga kita diberikan kepercayaan untuk menjalankan ibadah tapi kita akan memperhatikan ke depan situasi akan berubah maka kita akan mengikuti anjuran dari pemerintah,“ ucap Ohoimas di Wasior, Sabtu (25/4).

Kendati salat berjamaah di tempat ibadah masih tetap berjalan, Ohoimas menjamin dalam pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan. Yakni menjaga jarak aman antarjamaah sekurang-kurangnya 1 meter, mempersiapkan air dan sabun untuk mencuci tangan juga menganjurkan jamaah agar menggunakan masker.

Anak-anak kecil bersama ibu hamil serta warga yang memiliki penyakit menular dianjurkan untuk tidak datang beribadah ke masjid atau musala.

“Jadi kami mendukung anjuran dari pemerintah untuk kita antisipasi COVID-19 tetapi tentunya masih ada kelonggaran dari Pemda untuk kita tetap melakukan shalat wajib maupun salat yang lain,“ ucapnya.

Meski demikian menurut Ohoimas, pihaknya tidak mengharapkan semua umat Muslim datang beramai-ramai ke masjid atau mushala untuk beribadah terutama dalam bulan Ramadan. “Silahkan yang masih mau salat di tempat ibadah silahkan datang, tapi yang tidak silahkan lakukan di rumah saja,“ ucap Ohoimas. (wh/ant)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *