Dunia Bisnis setelah Corona

Foto: istimewa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Rifda Ammarina

 

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dunia berubah yes! Tapi bisnis akan tetap berjalan. Gaya hidup manusia berubah ya! Karena itu bisnispun mengalami penyesuaian.

Tourism tetap berjalan, hotel tetap berjalan, retail tetap berjalan, automotif tetap hidup apalagi Pertanian akan mencapai masa keemasan. Apakah dijalankan as usual? No way!

Semua akan mengalami penyesuaian..pendekatan kesehatan akan mempengaruhi semua industri.

Tourisme akan mengarah ke tempat dengan ruang terbuka. Sekolah, cinema, hotel, rest bahkan kursi mobil akan gunakan pendekatan  physical distancing. Semua berjarak.

Manusia direm oleh Allah untuk hidup lebih concern untuk memberikan ruang privasi kepada mahkluk lain, karena dengan begitu manusia bisa living in harmony yang berakhir terjaga kesehatannya.

Di perang dunia pertama, ada wabah namanya virus Spanyol yang mematikan 50 juta orang di dunia. Dampak corona nggak ada apa-apanya, karena saat itu media komunikasi dan logistik yang sangat terbatas.

Apakah pascaflu Spanyol semua sarana bisnis penunjang kehidupan saat itu mati? Ya nggak. Selama ada manusia, maka selama itu bisnis akan selalu melakukan penyesuaian dengan atau tanpa wabah.

Pascaflu Spanyol, berbagai teknologi kemudian ditemukan dan dunia bisnis terbukti membantu manusia lebih sehat sampai dengan munculnya corona.

Menurut saya, Covid-19 tidak alamiah. Corona hidup di beberapa binatang yang selama ini dimakan manusia. Di Manado dan China dan mereka still alive!  Karena plus-plus, makanya jadi ganas dengan penularan yang cepat.

Sejarah akan membuktikan plus-plus ini oleh siapa? Dan akan ada cara yang Allah berikan untuk manusia survived melakukan penyesuaian diri menjalani hidup.

Balik ke bisnis apa yang akan berkembang. Jelas bisnis yang produk dan pelayanannya menggunakan prinsip-prinsip kesehatan, termasuk bisnis yang produk dan jasanya membantu manusia menghindari potensi penularan virus mematikan.

Logistik malah akan menjadi usaha yang paling menjanjikan karena orang akan berani bayar mahal untuk makanan sehat dan produk kesehatan dari berbagai belahan dunia ini.

Btw saat ini Amerika sudah berhasil memproduksi Redemsivir untuk mengobati penderita Covid-19. Produksi masal akan diproduksi di awal Juli 2020 untuk kebutuhan WN Amerika. Demikian juga dengan Jepang yang juga telah memiliki obat khusus mengatasi Covid-19.

Beberapa Negara sudah claim akan hadirnya vaksin di awal tahun depan dan masuk pasar. Jadi as soon as possible dunia akan balik jalanin hidup dalam tatanan dunia baru. Hidup normal era pasca Covid. Physical distancing dan kebersihan serta makanan dan hiburan sehat  menjadi pertimbangan utama.

Beberapa airlines pasti akan menjarangkan kursi, semua penumpang bermasker dan pelayanan robotic akan menjadi pilihan.

Kursi.mobil, kursi kelas dan kursi bioskop akan terbatas untuk memberikan jarak. Demikian juga penataan meja di restaurant, termasuk pembatasan pengunjung mal dan toko. Semua akan lebih mahal tapi market tetap ada dan tumbuh.

Bismillah Covid 19 membuat kehidupan manusia dan alam yang lebih baik.

Aamiin YRA

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *