Rusuh di Hampir Semua Negara Bagian, Pemerintah AS Berlakukan Jam Malam

Foto: Reuters
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



WASHINGTON, hajinews.id – Kerusuhan terus meluas di hampir semua Negara bagian di Amerika Serikat (AS). Kerusuhan ini memaksa Pemerintah AS memberlakukan jam malam untuk meredam konflik antara demonstran dan polisi menyusul kematian seorang warga kulit hitam, George Floyd.

BBC melaporkan, unjuk rasa yang meluas memaksa polisi antihuru-hara melepaskan gas air mata dan peluru karet setelah massa membakar mobil-mobil polisi di beberapa kota.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

President Donald Trump menyalahkan “penjarah dan anarkis” atas aksi kekerasan tersebut.

Floyd, 46 tahun, terbunuh di tangan polisi di Minneapolis pada Senin lalu. Terkait tewasnya Floyd, mantan anggota polisi Derek Chauvin, seorang pria kulit putih berusia 44 tahun, telah didakwa atas pembunuhan dan dijadwalkan muncul di pengadilan pada Senin.

Sebuah kantor polisi di Minneapolis dibakar pada malam ketiga aksi protes. Foto: Reuters

Dalam gambar yang beredar luas di media sosial, Chauvin terlihat menahan leher Floyd dengan lututnya selama beberapa menit. Floyd berulang kali mengatakan ia tidak dapat bernapas.Tiga petugas lainnya yang berada di lokasi di saat bersamaan telah dipecat.

Perkembangan terkini, unjuk rasa berskala besar telah terjadi setidaknya di 30 kota di Amerika Serikat. Di Chicago, demonstran melempar batu ke arah polisi antihuru-hara, yang membalas dengan tembakan gas air mata. Beberapa orang ditahan pada Sabtu waktu setempat.

Polisi di Los Angeles menembakkan peluru karet untuk membubarkan pengunjuk rasa yang membakar mobil polisi. Foto-foto dari lapangan menunjukkan pengunjuk rasa berdiri di atas kendaraan yang telah rusak.

Selama dua hari berturut-turut, kelompok besar pengunjuk rasa berkumpul di depan Gedung Putih di Washington, DC.

Di Atlanta, Georgia, di mana bangunan dirusak pada Jumat, status darurat diberlakukan di wilayah tertentu untuk melindungi warga dan properti.

Ribuan orang juga turun ke jalanan di Minneapolis, New York, Atlanta dan Philadelphia.

Di Minneapolis, lokasi kematian George Floyd, melahirkan kemarahan warga yang diwarnai aksi pembakaran hingga penjarahan.

Di Atlanta, sekelompok orang membakar satu mobil milik polisi, dan bentrokan antara massa pendemo dan polisi pun terjadi. Penjarahan juga dilaporkan terjadi.

Jam malam telah diberlakukan di antaranya di Minneapolis, Atlanta, Los Angeles, Philadelphia, Portland dan Louisville. Tapi, demonstran di beberapa kota terus mengabaikan jam malam dan penjarahan terus meluas.

Di Minnesota, ratusan tentara dari Garda Nasional – pasukan cadangan yang dapat digunakan oleh Presiden AS atau gubernur negara bagian untuk mengintervensi keadaan darurat – telah dikerahkan sejak Jumat.

Kembang api meledak dekat garis polisi saat unjuk rasa di Atlanta, Georgia. Foto: Getty Images

Lalu Apa Kata Trump?

Pada Sabtu dini hari, Trump mengatakan kematian Floyd telah ’mengisi (hati) warga Amerika dengan horor, kemarahan dan duka’.

“Saya berdiri di hadapan kalian sebagai teman dan sekutu bagi segenap warga Amerika yang mencari kedamaian,” katanya dalam siaran langsung televisi dari Cape Canaveral di Florida, menyusul peluncuran kapal luar angkasa milik SpaceX yang membawa dua orang astronaut.

Trump menyesali kerusuhan dan penjarahan dan menuduh para ’penjarah dan anarkis’ melukai kenangan tentang Floyd. Apa yang dibutuhkan, katanya, adalah ’pemulihan bukan kebencian, keadilan bukan kekacauan’.

“Aku tidak akan membiarkan massa pengacau mendominasi – tidak akan terjadi,” katanya.

Trump menyalahkan wali kota Minneapolis – kader Partai Demokrat – atas kegagalannya mengendalikan pengunjuk rasa.

Ia menyatakan jika kekerasan tidak juga dapat dikendalikan, maka Garda Nasional akan mengambil alih tugas tersebut.

Pesaing Trump dari Partai Demokrat, Joe Biden, telah menuduh Trump menyulut bigotri dan mereka yang bertanggung jawab atas kematian Floyd harus dihukum.

Unjuk rasa juga digelar di sejumlah kota lainnya, seperti Chicago, Illinois, Los Angeles, California, dan Memphis. (wh/bbc)

 

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *