Kim Jong Un Hilang Lagi, Kemanakah Dia?

Foto: istimewa via cnbc
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



PYONG YANG, hajinews.id – Teka-teki keberadaan Pemimpin Korea utara (Korut) Kim Jong Un kembali muncul. Kondisi kesehatannya disebut kembali memburuk.

Hal ini terkuak dari wawancara Menteri Pertahanan Jepang Taro Kono sebagaimana dikutip dari Sputnik. Ia menilai serangkaian ancaman yang dilancarkan Korut ke tetangganya Korsel bisa terjadi karena faktor internal yang tengah melanda negeri tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kami memiliki kecurigaan pada kesehatannya,” ujarnya dikutip Minggu (18/6/2020). “Ekonomi Korut tidak baik, jadi Kim Jong Un atau rezimnya perlu ‘kambingjitam’ jadi rakyatnya akan melihat ke luar Korut.”

Ia pun mengatakan Korut tengah berjuang menahan penyebaran Covid-19. Sebelumnya Pyongyang mengklaim tak ada satupun kasus corona di negara itu.

Ini juga yang membuat Kim Jong Un, jarang terlihat di pemberitaan media lokal. Perlu diketahui, ancaman ke Korsel dilontarkan oleh saudarinya bernama Kim Yo Jong.

Meski begitu, ia menegaskan negaranya masih mengumpulkan informasi. Korut dua pekan lalu menghancurkan kantor penghubung dengan Korsel karena pamflet yang disebarkan aktivis anti Pyongyang di daerah perbatasan.

Sebelumnya, bulan lalu, kesehatan Kim Jong un juga jadi sorotan media asing. ia disebut sakit keras, menjalani operasi jantung, dan bahkan digosipkan meninggal dunia.

Pasalnya ia tak muncul di agenda utama negeri itu, menyangkut kelahiran kakek dan ayahnya, Kim Il Sung dan Kim Jong Il. Namun setelahnya, ia muncul 20 hari kemudian, lewat pemberitaan KCNA. (wh/cnbc)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *