Hari Ini Puncak Arus Balik, Begini Antisipasi Polisi

Foto: merdeka
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.ID – Hari ini, Minggu (2/8) diperkirakan menjadi puncak arus balik Idul Adha 1441 warga dari daerah menuju DKI Jakarta. Untuk mengantisipasi segala kemungkinan, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat menyiapkan sejumlah strategi.

Salah satu strategi yang disiapkan adalah rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan adalah sistem buka tutup di Tempat Istirahat (Rest Area) ruas jalan tol Cikampek-Jakarta. Selain itu, seluruh pengamanan telah disiagakan pada jalan tol, jalan arteri, jalur selatan dan jalur puncak.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Prediksi peningkatan arus balik mudik dimungkinkan terjadi di rest area KM 62 ataupun di KM 42 karena volume kendaraan yang akan lewat cukup padat, sehingga kemungkinan akan diberlakukan buka tutup area secara situasional,” ujar Direktur Ditlantas Polda Jabar Komisaris Besar Eddy Djunaedi, Minggu (2/8).

Sehari sebelumnya pada Sabtu (1/8), Ditlantas Polda Jabar bersama jajaran Polres Karawang dan Jasa Marga menggelar kesiapan pengamanan arus balik Idul Adha 1441 H.

Apel pengamanan arus balik mudik di rest area KM 62 B Karawang sebagai persiapan kekuatan pengamanan dan cara bertindak dalam antisipasi arus balik mudik yang diprediksi terjadi peningkatan arus lalu lintas di Tol Cikampek menuju Jakarta.

Menurut Eddy, pada pengamanan arus balik kali ini, ada beberapa tempat yang akan diberlakukan rekayasa lalu lintas lawan arah (contraflow) jika dipandang perlu. Sistem contraflow sebelumnya juga dilakukan pada puncak arus mudik Idul Adha 1441 H pada Kamis (30/1) malam hingga Jumat (31/1) pagi.

“Di samping itu telah disiagakan penempatan anggota dalam rangka kesiapan pengamanan arus balik mudik Iduladha,” ujarnya.

Sementara itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak peningkatan volume lalu lintas kendaraan yang menuju Jakarta akan terjadi pada Minggu (2/8) hari ini.

Untuk menghindari kepadatan yang berpotensi terjadi , Operation Management & Maintenance Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra mengimbau pengguna jalan agar menghindari waktu yang bersamaan untuk kembali ke Jakarta.

Titik-titik kepadatan yang perlu diantisipasi oleh pengguna jalan yang menuju arah Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di antaranya adalah pertemuan lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah di KM 48. Selain itu, di titik-titik jelang rest area. (wh)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *