Mau Tahu Doa Malaikat untuk Orang yang Kikir, Simak Ini!

Ilustrasi: wartaislam.com
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.ID – Pelit atau kikir adalah sifat yang sangat tercela yang dibenci Allah dan Rasul-Nya. Ini karena sifat kikikir akan mendorong pelakunya untuk selalu menumpuk harta tanpa berniat sekalipun untuk berinfak atau bersedekah.

Padahal, kita tahu tidak ada satu pun riwayat mengatakan, jika dengan bersedekah atau berinfak harta akan habis.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kikir adalah sebuah penyakit. Yakni penyakit wahnya itu terlalu cinta dunia. Orang yang terkena penyakit ini, tidak akan mengorbankan hartanya untuk membantu dan menyenangkan orang lain bahkan terhadap dirinya sendiri.

Faktanya, banyak dari orang-orang yang kikir atau pelit ini, akan berbelit-belit saat diminta untuk bersedekah. Padahal setiap sedekah yang dilakukan seseorang, akan didoakan oleh para malaikat.

Begitu juga sebaliknya, malaikat pun akan mendoakan mereka yang kikir atau pelit tersebut.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu,ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Tidak satu hari pun di mana seorang hamba berada padanya kecuali dua Malaikat turun kepadanya. Salah satu di antara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak.’ Sedangkan yang lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang kikir.” (HR Bukhari dan Muslim)

Tafsir hadis di atas menurut Al-Malla ‘Ali al-Qari adalah kikir dalam memberikan kebaikan atau harta bagi saudaranya yang muslim.

Dalam tafsir yang lainnya, harta orang yang kikir atau pelit akan hancur dengan sendirinya. Atau bisa juga pemiliknya yang akan hancur dengan hartanya, atau kebaikannya akan hilang.

(wh)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *