Resesi Mengintai, Ini Peluang Bisnis yang Justru Menjanjikan

Ilustrasi - Peluang bisnis digital. (Foto: Thinkstock)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id – Ancaman resesi ekonomi di Indonesia sudah terlihat nyata di tengah pandemi Covid-19. Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada kuartal II tahun 2020 minus 5,32 persen.

Berbagai kalangan dari mulai pakar ekonomi, pengusaha hingga pihak pemerintah pun mengakui jika di kuartal selanjutnya pertumbuhan ekonomi Indonesia masih berada pada angka minus maka dipastikan Indonesia bakal masuk ke jurang resesi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Untuk bisa terhindar dari terjadinya resesi juga bukan perkara mudah. Meskipun pemerintah saat ini tengah berupaya keras agar Indonesia terselamatkan dari resesi melalui berbagai jurus kebijakan namun sejumlah pengamat ekonom memprediksi Indonesia tetap akan mengalami resesi. Adapun suatu negara dikatakan resesi setelah mengalami pertumbuhan ekonomi yang minus selama dua kuartal berturut-turut.

Dampak resesi memang bakal sangat menyulitkan, yang antara lain mengakibatkan daya beli menurun, sulit mencari pekerjaan, hingga kemiskinan meningkat. Namun di tengah ancaman nyata terjadinya resesi akibat pandemi ini masih ada peluang bisnis yang bisa dilakukan, bahkan justru menjanjikan di tengah situasi serba sulit.

Pengamat Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi mengatakan, dalam kondisi resesi hampir seluruh bisnis mengalami penurunan. Termasuk manufaktur, pertambangan, properti, hotel dan lain-lain mengalami kemerosotan.  Meski begitu, pandemi Covid-19 ini telah memunculkan peluang bisnis baru.

Misalnya, Fahmy menyebutkan penjualan barang secara online atau diantarkan kepada konsumen. “Business consumer good by online and delivery saat ini lagi nge-tren dan prospektif. Masyarakat harus kembangkan berbagai bisnis baru dengan memanfatkan online,” kata dia seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (8/8/2020).

Berikutnya, ungkap dia, tren orang bersepeda yang belakangan meningkat tajam bisa menjadi peluang bisnis baru bagi sebagian orang. Kemudian peluang bisnis lainnya yang bisa dilirik adalah pada sektor pertanian dan perkebunan.

Fahmy menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi pada sektor pertanian dan perkebunan masih positif. “Segala jenis tanaman pangan, yang hingga kuartal II tahun 2020 masih tumbuh positif,” jelasnya.

Dia mengingatkan, walau muncul beragam jenis bisnis baru, kapasitas bisnis tersebut relatif kecil sehingga tidak akan membuka lapangan pekerjaan secara signifikan. “Kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi juga kecil,” kata Fahmy.

Sementara itu, mengutip foundr.com, perubahan cepat dalam kehidupan sehari-hari dan penyesuaian dengan normal baru merupakan peluang bisnis. Beberapa di antaranya dapat diselesaikan dengan bisnis online. Berikut tiga ide bisnis online tersebut:

Pertama, program kebugaran. Kebijakan menjaga jarak sosial dan tinggal di rumah yang diambil oleh sebagian besar negara, orang mencari cara baru untuk tetap bugar dan sehat, sementara tempat gym ditutup. Bagi yang mempunyai peralatan latihan seperti lompat tali, matras, dan dumbel, dapat berlatih di rumah.

Namun, yang tidak mempunyainya dan mungkin kurang pengalaman dalam berlatih secara mandiri, dapat memanfaatkan aplikasi kebugaran. Jika Anda seorang ahli kebugaran, dapat menjadi konsultan kebugaran dan mengembangkan produk digital sendiri merupakan cara bagus untuk menjangkau banyak klien baru. Cara ini juga mampu menjaga bisnis tetap berkembang.

Kedua, program kesehatan. Bekerja jarak jauh disebut dapat membuat banyak orang terisolasi dan stres. Orang-orang mencari cara untuk mengurangi tekanan, rileks, dan fokus pada kesehatan mental.

Jika Anda merupakan seseorang yang suka membantu orang lain atau membuat produk digital, mungkin saat yang tepat untuk meluncurkan program kebugaran Anda sendiri atau menjadi konsultan kesehatan. Program kesehatan membantu mengelola stres dan menuntun ke jalan menjadi individu yang lebih sadar dan produktif. Program kesehatan meliputi yoga, meditasi, peregangan, latihan, dan kebiasaan yang sehat.

Produk digital tidak perlu mahal. Anda dapat membuat situs web gratis, membagikan konten melalui e-mail, dan merekam video yang diunggah di YouTube. Jika konten informatif dan terencana dengan baik, maka akan mudah mendapatkan daya tarik.

Ketiga, layanan untuk bekerja jarak jauh. Bagi yang terbiasa bekerja jarak jauh, etika kerja dari rumah yang baru berarti sedikit perubahan dalam rutinitas. Namun, bagi mereka yang terbiasa bekerja dari kantor, ini merupakan tantangan besar untuk beradaptasi.

Banyak bisnis kemungkinan besar akan mempertahankan perubahan baru, terutama jika bekerja dari rumah tidak berdampak pada produktivitas. Bagi pengusaha yang tepat dengan pemasaran yang tepat, ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan.

Jika Anda merupakan seseorang yang telah bekerja dari jarak jauh selama bertahun-tahun, maka Anda dapat menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk membantu perusahaan dalam melakukan transisi. Pikirkan layanan yang melayani kondisi kerja jarak jauh. (rah/berbagai sumber)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *