Menjaga Wudhu, Insya Allah Terhindar dari Penyakit

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.ID –Sejak awal, Islam adalah agama yang mengajarkan tentang kebersihan. Karena kebersihan adalah bagian dari iman. Salah satu cara menjaga kebersihan adalah berwudlu sebelum salat atau memegang mushaf Alquran.

Umat muslim yang terbiasa dengan wudhunya, tak terlalu kaget saat pemerintah menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19. Sebab salah satu protokol kesehatan yang perlu dipatuhi adalah rajin mencuci tangan dan mandi, sama persis seperti yang diperintahkan dalam agama Islam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Terkait hal ini, Ketua Umum Wadah Silaturahmi Khotib Indonesia (WASATHI), Ustaz Fauzan Amin mengatakan, pada dasarnya selain syarat sah salat wudhu juga berfungsi untung menghilangkan hadast atau kotoran.

Memang, secara eskplisit belum ada dalil yang menerangkan, bahwa wudhu dapat mencegah penyakit, utamanya Covid-19.

“Tapi secara subtantif bahwa banyak dokter ahli kesehatan berpendapat bahwa di antara faedah wudhu adalah untuk kesehatan. Contoh kasus, faktor utama penyakit adalah kotoran sebagai sumber bakteri,” kata Fauzan Amin kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Fauzan Amin mengakui, jika ditinjau lebih dalam, Islam sangat mengajarkan kebersihan, yakni dengan cara rajin bersuci seperti menjaga wudhu di segala kegiatan atau aktivitasnya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

…إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

(…innallāha yuḥibbut-tawwābīna wa yuḥibbul-mutaṭahhirīn)

Artinya: “…Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri,” (QS. Al Baqarah: 222).

Dalam dunia medis, rajin mencuci tangan bisa jadi alternatif sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 dari manusia ke manusia lainnya. Nah, apabila tetap menjaga wudhu, kata Ustaz Fauzan, maka kemungkinan tidak akan mudah tertular virus tersebut.

“Dengan wudhu Insya Allah selamat dari virus apapun, baik yang menyerang fisik manusia atau virus hati seperti hasad riya dengki dan lain-lain,” terangnya.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga menyerukan kepada masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam untuk memperbanyak wudhu untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

“Mengajak umat Islam agar memperbanyak wudhu sesuai tata caranya secara benar dan sempurna. Khususnya saat mencuci kedua tangan, agar melakukannya lebih ekstra dengan memakai sabun agar lebih bersih, saat berkumur, dan saat membersihkan hidung,” kata Wakil Sekretaris Jendral MUI, Solahuddin Al-Ayub di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, wudhu akan membersihkan semua anggota tubuh mulai dari kepala hingga kaki. Hal itu juga sesuai dengan saran dari para ahli kesehatan bahwa menjaga kebersihan menjadi kunci untuk menangkal virus yang mematikan tersebut.

“Karena sesuai keterangan para ahli kesehatan, cara-cara tersebut diyakini dapat menangkal penularan virus korona,” pungkasnya. (wh)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar