Corona Mengancam, KPU Didesak Keluarkan Teknis Pemilihan di TPS

PU Padang gelar pertemuan dengan JADI Sumbar terkait penyelenggaraan Pilkada. (Foto: Antara)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



PADANG, hajinews.id – Jaringan Demokrasi Indonesia (JADI) Sumatera Barat mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengeluarkan petunjuk teknis pemilihan di tempat pemungutan suara (TPS) di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

Presidium JADI Sumbar Mufti Syarfie di Padang, Rabu (2/9/2020), mengatakan bahwa saat ini tata kelola pelaksanaan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) 2020 berseberangan dengan yang terdahulu karena adanya pandemi COVID-19.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jaringan Demokrasi Indonesia (JADI) Sumatera Barat merupakan organisasi tempat berhimpun mantan penyelenggara pemilu di daerah itu.

Ia mengatakan dalam kondisi normal proses pelaksanaan pilkada selalu dilakukan melalui tatap muka, kunjungan, keramaian dan lainnya.

Namun hal itu tentu tidak dapat dilaksanakan di tengah pandemi dan khususnya saat hari pencoblosan di TPS nantinya akan sulit mengatur tingkat kerumunan orang.

Menurut dia KPU harus mengeluarkan aturan agar protokol COVID-19 dijalankan namun tidak mengurangi nilai-nilai demokrasi.

Contohnya aturan saat berada di TPS sehingga membuat masyarakat nyaman datang menyalurkan hak pilihnya.

“Jangan-jangan pemilih tidak mau ke TPS nanti saat pencoblosan karena takut terpapar,” katanya.

Dalam hal ini KPU harus mampu meyakinkan masyarakat dan salah satu upaya adalah seluruh petugas telah melalui tes usap dan hasilnya negatif.

“Jangan ada dalih tidak ada anggaran sehingga tes usap terhadap panitia penyelenggara pilkada tidak dilakukan,” kata dia. (rah/ant)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar