Happy, Healthy, Wealthy : Lemhannas Berkata-kata

Lemhannas Berkata-kata
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Happy, Healthy, Wealthy : Lemhannas Berkata-kata

Oleh: Ali Murtadlo, Kabar Gembira Indonesia

Saya termasuk yang tidak aman jika bicara. Baik bicara yang enteng-enteng kepada isteri, saat bertanya di suatu seminar, menegur teman kantor, atau memberi ceramah. Buktinya, saya sering diberitahu isteri kalau tadi ada kata-kata yang tidak pas untuk disampaikan. Bisa menyakiti yang bersangkutan. “Tak usah menyebut orang. Contoh yang umum saja,” kata nyonya saat mengomentari kultum saya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Saya menyadari itu. Background saya yang wartawan terbiasa menulis apa adanya, sering terbawa pada saat berbicara. Cenderung straight to the point. Kurang ada bunga-bunganya sehingga tidak menohok langsung, tidak bikin panas di telinga dan dada. Ketika makin berumur ini, saya menyadari bahwa saya punya beberapa “koleksi salah bicara”. Saya sangat menyesalkan itu. Karena itu, saya sangat setuju dengan nasehat rasul: bicaralah yang baik atau diamlah.

Untungnya saya bukan siapa-siapa. Bukan pejabat publik. Bukan seperti Mbak Puan Maharani yang Ketua DPR RI yang sedang jadi rasanan orang-orang Minang. Saat mengumumkan cagub-cawagub Sumbar untuk Pilkada 2020. “Rekomendasi diberikan kepada Ir Mulyadi dan Drs H Ali Mukhni. Merdeka! Semoga Sumataera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung Negara Pancasila,” kata Puteri Ketua Umum PDIP Megawati ini.

Tidak pakai lama, ujaran Puan, langsung heboh, gaduh. Orang Minang tersinggung. Beberapa ada yang melaporkannya ke polisi. Bahkan, Mulyadi dan Ali Mukhni yang dibacakan Puan, memilih mengembalikan rekomendasi itu. Takut mengganggu suara mereka di pilkada nanti.

Terpeleset itu lumrah. Human being, manusiawi. Bahkan ada pepatahnya: al insanu mahallul khatha’ wa al nisyan, manusia tempatnya salah dan lupa. Hanya sayangnya, tidak segera minta maaf. Padahal, salah satu ciri masyarakat kita gampang memaafkan dan melupakan.

Sekelas Mbak Puan mestinya harus ada konsultan PR-ing, public relations-nya. Dan, PR hebat bisa meng-encourage untuk segera mengklirkan itu dengan minta maaf. “Apology has the ability to disarm others of their anger and to prevent further misunderstandings. Minta maaf punya kemampuan untuk menurunkan kemarahan dan kesalahpahaman lebih lanjut,” tulis Beverly Angel, dalam Psychology Today.

Saya tidak mengkritisi politik dinasti yang lagi marak sekarang ini. Yang saya sayangkan jika yang didorong maju itu kurang siap mental dan kemampuan. Akibatnya, banyak menimbulkan kegaduhan. Di zaman Pak Harto dulu, rasanya, pemimpin yang diorbitkan harus sudah melewati berbagai jenjang. Tidak ada pemimpin yang ujug-ujung, tiba-tiba. Paling tidak, mereka yang jadi pemimpin nasional maupun daerah, sudah pernah ikut Lemhannas. Di situ, mereka ditempa, selain ketahanan, strategi kepemimpinan, juga communication skill.

Tahapan “Lemhannas berkata-kata” inilah yang sekarang di-bypass. Mumpung peluang lagi terbuka selebar-lebarnya, siap tidak siap, nanti dulu. Dijalani dulu, belajar sambil berjalan. Resikonya: menabrak-nabrak. Jika sudah begini, yang kasihan ibu pertiwi. Kapan majunya? Salam!

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *