6 Jenis Makanan Penangkal Virus Covid-19 Menurut Islam

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id– Dalam agama Islam, sudah diatur tuntunan tentang bagaimana cara hidup sehat di tengah pandemi. Inilah 6 jenis makanan sehat menurut Islam sebagai penangkal virus Covid-19.

Dilansir dari harkah.id, Agama Islam memiliki prinsip dalam memilih makanan yang sehat, yaitu halal dan tayyibah. Halal adalah bagaimana kita mendapatkan atau memperoleh makanan tersebut dengan cara membeli makanan dengan uang yang halal tanpa adanya campuran sesuatu yang membuat itu haram. Sedangkan tayyibah adalah setelah mendapatkan uang dengan halal kemudian kita membeli bahan makanan dengan gizi yang tinggi yang terkandung dalam makanan tersebut. Dalam hal ini, petunjuknya ada dalam al qur’an. Disana disebutkan tentang beberapa jenis makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi manusia:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Madu

Allah berfirman,“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia (68) Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan(69)”(Q.S. An-Nahl [16] 68-69)

Ustad Febri Sugianto menjelaskan khasiat madu terdapat dalam Alquran Surat An Nahl ayat 68-69. Dalam ayat tersebut Madu merupakan satu dari empat asy syifa atau penyembuh penyakit yang terdapat di Alquran. Hal tersebut karena madu memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membuat tubuh terhindar dari kuman penyakit. Madu juga terbukti dapat menghilangkan rasa nyeri 10 kali lipat lebih baik daripada morfin. Menurut ustad Febri, manfaat madu berasal dari lebah yang diciptakan oleh Allah untuk mencari bahan-bahan yang baik.

2. Kurma

Nabi bersabda,“Jika salah seorang di antara kalian berbuka, berbukalah dengan kurma karena kurma itu membawa berkah. Jika tidak ada, berbukalah dengan air karena air itu bersih.” (HR Abu Dawud).

Dalam buku ‘Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik’ karya Ramadhani dkk, sebuah hadits Shahih Bukhari, Rasulullah bersabda, “Siapa saja yang pada pagi hari memakan tujuh buah kurma aliyah, tidak akan terkena racun atau sihir pada hari itu”.

Kurma masak ini memiliki nilai gizi yang tinggi, bisa memperkuat liver, merelaksasi usus, menambah kesuburan, dan juga bisa menyembuhkan radang tenggorokan. Kurma masak bersifat panas dan basah. Kurma tersebut bisa membantu membunuh atau mengurangi jumlah cacing dalam tubuh jika dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong. Jadi, kurma masak bisa bermanfaat sebagai obat bagi tubuh. Selain kurma bisa dijadikan obat kurma juga menambah keberkahan bagi yang mengkonsumsi kurma.

3. Susu

“Allah senantiasa menurunkan penyakit dengan obatnya, maka minumlah oleh kalian susu sapi, karena ia (sapi) ia makan dari beragam jenis dedaunan.” (HR. Ahmad).

Susu itu baik, menyehatkan dan penuh keberkahan. Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam menganjurkan minum susu dan beliau juga suka dengan susu. Susu juga disebutkan keutamaannya oleh Allah dalam Al-Qur’an Q.S. An-Nahl:66.

4. Habbatussauda

“Dalam habbatus sauda (jintan hitam) terdapat obat dari segala penyakit kecuali kematian” (HR Bukhari dan Muslim)

Adapun manfaat Habbatussauda bagi tubuh diantaranya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya ingat, konsentrasi, meningkatkan bioaktivitas hormon, menetralkan racun dalam tubuh, mengatasi gangguan tidur dan stress, mencegah tumor, anti histamin, anti-bakteri, obat bagi luka radang, dan meningkatkan jumlah ASI pada ibu menyusui, dan masih banyak lagi.

5. Ikan

Allah SWT berfirman,”Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu) agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur.” (QS. An-Nahl: 14)

Daging ikan dapat membantu dalam pembentukan gigi dan gusi yang sehat, manfaat warna kulit, membuat rambut sehat dan memberikan kontribusi untuk memerangi infeksi bakteri.Tetapi daging ikan atau hewan laut lainnya tidak bisa dimakan bersamaan bersama daging yang berada didarat bukan menjadi sesuatu yang bagus bahkan bisa menjadi sumber penyakit.

6. Buah zaitun dan buah tin

Allah SWT berfirman,“Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun” (Q.S. At-Tin [95] 1)

Manfaat buah zaitun: Mencegah jenis kanker, mencegah penuaan dini, mencegah penyakit jantung, menyehatkan pencernaan, mencegah infeksi , memperbaiki kesehatan tulang.

Manfaat buah tin: mengobati diabetes, menjaga berat badan, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan tulang dan gigi, mengobati insomnia, meningkatan kesuburan pada pria.

Demikian 6 jenis makanan sehat menurut Islam yang dapat ditemukan dalam Al-Quran hadis. Semoga bermanfaat.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *