Raja Salman Minta Dunia Hentikan Iran

Pemimpun Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman. Foto: Dok Istimewa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz dalam pertemuan tahunan dengan dewan penasihat pemerintah meminta dunia untuk menghentikan Iran, karena mengembangkan nuklir dan rudal balistik.

“Kerajaan menekankan bahaya proyek regional Iran, ini mengintervensi negara lain, memelihara terorisme, mengipasi api sektarianisme, ini upaya memiliki senjata pemusnah massal,” kata Raja Salman, Kamis (12/11).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Itu adalah penampilan publik pertama Raja Salman setelah Sidang Umum PBB bulan September lalu. Dalam pidato yang juga menggunakan sambungan video itu, ia menyerang Iran.

Selama puluhan tahun Arab Saudi yang Sunni dan Iran yang Syiah memperebutkan pengaruh di Timur Tengah. Keduanya selalu mendukung pihak yang berlawanan di setiap konflik di kawasan mulai dari Suriah hingga Yaman.

Ketegangan meningkatkan sejak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menarik AS dari kesepakatan nuklir Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) pada 2018 lalu. Kemudian memberlakukan kembali sanksi ekonomi ke Iran.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *