Other Influence?

Other Influence?
Firman cecak
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh Firman Cecak

Hajinews – Apakah Anda memiliki aplikasi panduan di smartphone? Seperti rekomendasi restoran atau hotel untuk liburan. Jika iya, maka kategori produk tersebut, keputusan pembeliannya sangat dipengaruhi oleh other influence. Pada saat mencari sebuah restoran untuk pergi kencan dengan pasangan misalnya, Anda memo baca ulasan-ulasan dari aplikasi panduan yang Anda instal, melihat foto-foto makanan apa saja yang tersedia, dan memperhatikan rating-nya menurut customer yang pernah makan di sana. Terlepas dari metodenya, baik online maupun offline, jika Anda lebih memilih suatu brand karena opini orang lain, maka keputusan pembelian Anda dipengaruhi other influence.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kategori produk lain yang juga dipengaruhi oleh other influence adalah gadget dan barang elektronik yang bersifat personal, seperti headphone, konsol games, dan laptop. Rekomendasi menjadi sangat penting. Semakin tekrnis suatu produk, biasanya customer membutuhkan bantuan orang lain untuk memberikan opini, bisa jadi teman dekat, online forum, atau dari expert (bahkan penjaga toko juga termasuk).

Kategori produk otomotif juga kebanyakan dipengaruhi oleh ulasan orang lain, terutama untuk mobil yang tidak tergolong luxury product. Walaupun demikian, pembelian mobil tetap saja major buying bagi sebagian besar orang. Yang paling murah saja hampir 100 juta. Artinya customer tetap melakukan banyak analisis dengan mempertimbangkan berbagai aspek sebelum melakukan pembelian, bahkan lebih dari mobil itu sendiri, seperti layanan bengkel dan harga jual kembali.

Jika brand Anda baru masuk ke pasaran, pendekatan other influence dapat sangat membantu. Mengapa? Dengan melibatkan customer secara langsung maka akan mengurangi barrier to entry dari brand Anda. Selain itu, biaya iklan yang sifatnya tradisional bisa ditekan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar