Keutamaan Sholat Ashar Yang Wajib Kita Ketahui

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Bukan berarti shalat yang lain biasa saja – ketika kita menerangkan keutamaan shalat Ashar. Namun di sini hanya hendak menguraikan fadilah apa saja yang Allah sebutkan tentang shalat Ashar yang disebut juga dengan shalat wustho.

Sholat Ashar adalah salat yang dilaksanakan di sore hari sesudah Solat Dzuhur dan sebelum Sholat Maghrib. Hukumnya wajib bagi seorang muslim. Jumlah rakaat shalat Ashar sama dengan shalat Dzuhur dan Isya, yakni empat rakaat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam sebuah hadits yang bunyinya ; Dari Ali radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah SAW sewaktu perang Ahzab, bersabda: “Mereka (orang-orang kafir itu) telah membuat kami lalai terhadap sholat wustha (sholat ashar). Semoga Allah memenuhi rumah dan kuburan mereka dengan api.” Kemudian beliau melakukan sholat ashar pada waktu antara dua isya, yakni antara sholat maghrib dan isya. Shahih.

Jaman sekarang kesibukan duniawi seakan telah menggerus semua waktu yang ada, beban kerja yang seakan tiada habisnya – tak jarang melalaikan terhadap kewajiban. Waktu shalat Ashar yang dinilai tanggung tersita oleh hiruk pikuknya dunia. Tanpa sadar kita telah menggadaikan semua amal yang telah kita kumpulkan.

Allah Ta’ala berfirman,

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَى وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ

“Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu’.” [QS. Al-Baqarah [2]: 238]

Menurut pendapat yang paling tepat, yang dimaksud dengan “shalat wustha” dalam ayat di atas adalah shalat ashar.

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa para malaikat malam dan siang silih berganti mendatangi seorang hamba. Dimana mereka akan berkumpul di saat shubuh dan ashar. Kemudian malaikat yang menjaga kalian akan naik ke atas hingga Allah Ta’ala bertanya kepada mereka -dan Allah lebih mengetahui keadaan mereka (para hamba-Nya)-, “Dalam keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaKu?” Para malaikat menjawab, “Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang mendirikan shalat. Begitu juga saat kami mendatangi mereka, mereka sedang mendirikan shalat,” (HR. Al-Bukhari no. 555 dan Muslim no. 632).

Malaikat penjaga akan mendatangi kita dan meninggalkan dalam keadaan sedang melaksanakan shalat, betapa banyak kebaikan tercurah atasnya.

Shalat adalah perintah paling utama dalam Islam, maka ibadah ini adalah amal yang akan menghalangi kita dari api neraka kelak. Karena itulah jagalah, jangan sampai kita tinggalkan walaupun satu waktu sekalipun.

– nenden –

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *