Saudi Batasi Umroh Internasional Asosiasi Umroh: Hanya Bisa Pasrah

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – “Ya bagaimana lagi mas, dan para agen jasa pemberangkatan jemaah umrah hanya bisa pasrah,” kata Sufyan.

Ketua Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Jawa Timur Sufyan Arief menjelaskan, kebijakan penangguhan penerbangan internasional yang dimulai sejak Senin kemarin itu dilakukan demi mengantisipasi penyebaran varian baru Covid-19 di Eropa, yang akhirnya berdampak pada rencana pemberangkatan jamaah umrah RI.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Ada jadwal keberangkatan jamaah pada akhir Desember nanti. Karena ada kabar tak sedap dari Arab Saudi itu, sangat mungkin pemberangkatan jamaah kami tunda,” ungkap Sufyan, dilansir ihram.co.id, Rabu (23/12/2020).

Kasus Covid yang bermutasi di Eropa mempengaruhi

Berita berkembangnya virus covid-19 yang bermutasi di Eropa menjadi perhatian tersendiri bagi dunia. Termasuk Arab Saudi yang memutuskan untuk menangguhkan semua penerbangan internasional, kecuali dalam kasus luar biasa.

Penangguhan ini akan berlangsung selama seminggu dan mungkin saja bisa dilanjutkan pada pekan selanjutnya.
Keputusa Kerajaan Saudi ini tentunya mempengaruhi jadwal umroh yang biasanya dilakukan kapan saja. Adapun masalah keruguian yang dialami Sufian enggan menjelaskan rinciannya.

Meski sebelumnya beberapa travel sudah berencana memberangkatkan calon jamaah umroh melelui penerbangan di Jakarta pada akhir Desember mendatang. Dengan adanya kabar buruk yang berembus dari Saudi, kemungkinan pemberangkatan tersebut akan ditunda.

Kondisi yang dilematis ini hampir selalu menjadi momok bagi calon jamaah umroh. Mereka tentunya tidak hanya terdiri dari orang-orang yang punya banyak persedian uang. Terkadang beberapa persennya merupakan jamaah yang sudah menabung sejak lama.

Tentunya para jamaah ini sudah menantikan waktu mereka untuk pergi umroh. Namun sekali lagi, Allah mentakdirkan musim penuh ujian ini sebagai ladang pahala bagi mahluknya yang bersabar.

Menjaga diri dari bahaya adanya wabah juga merupakan anjuran sejak zaman nabi. Mudah-mudahan kita semua bisa mengambil hikmah atas segala yang terjadi.

Penting bagi kita untuk menyikapi semua perkara dengan lapang dada dan ketaqwaan. Sebab bukan hanya calon jamaah umroh saja yang terkena dampak pembatasan ini. Baik travel agen dan pedagang di Saudi pun turut merasakan kesedihan.

Semoga Allah menggantinya dengan yang lebih baik di waktu terbaik. *Ingeu

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar