Hikmah Siang : Dzikir Bantu Tingkatkan Imun Dalam Tubuh

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idDzikir merupakan ibadah yang dilakukan umat Muslim untuk mengingat kebesaran Allah SW. Selain meningkatkan keimanan, dzikir juga membawa manfaat dalam meningkatkan imunitas seorang manusia.

Dzikir membuat hati dan pikiran seseorang menjadi lebih tenang. Hal ini pula yang menjadi dasar pemikiran psikoneuroimunologi atau konsep mengenai fungsi regulasi-imun untuk mempertahankan hemeostasis.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Saat ini banyak yang meninggal bukan karena virus Covid-19, tetapi karena pikiran dan stres. Respon stres juga berpengaruh pada penurunan imunitas.

Setidaknya ada tujuh cara meningkatkan imun. Selalu bersyukur, berbaik sangka, infaq atau sedekah, selalu tersenyum, meyakini selalu ada jalan kemudahan, berpuasa, dan dzikir.

Sejauh ini telah ada 111 penelitian yang membahas seputar kesinambungan antara dzikir atau ketenangan hati dengan meningkatnya imun seseorang. Dari penelitian-penelitian yang ada, diketahui ketika seseorang kondisi hatinya tenang dan bisa mengelola stres, maka imun yang dimiliki akan meningkat lebih kuat.

Sebuah penelitian dilakukan kepada seorang pasien yang akan melakukan operasi. Dengan mengucapkan ‘Subhanallah Walhamdulillah Walailahaillallah Wallahuakbar’ selama 30 menit sebelum operasi, diketahui respon stres pasien tersebut menurun dua kali lipat lebih rendah.

Di Indonesia pernah juga dilakukan penelitian membaca Al-Fatihah dan hubungannya dengan ketenangan jiwa, relaksasi, serta kualitas tidur. Jika bacaan ini dilakukan sesering mungkin dan dimaknai, hasilnya menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik.

Hikmah siang ini, secara tidak langsung, dzikir berpengaruh pada relaksasi, ketenangan, dan kualitas tidur. Pengendalian mood juga berpengaruh pada sistem imun.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar