Demokrasi Kita Memang Humor

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idDemokrasi dan Humor seolah satu tubuh, meski kita jarang mempercayainya. Menilik cuitan-cuitan dunia maya sampai obrolan-obrolan di kantor, kampung, dan juga misalnya perdebatan grup WA keluarga, ada setidaknya dua kelompok yang bersebrangan- dalam menanggapi peristiwa naiknya Pak Sandiaga Uno jadi pembantunya Pak Jokowi.

Segolongan kelompok menampilkan kekecewaan total, sedang kelompok lain, memilih ‘no comment’ alias tak peduli sama sekali atas kejadian itu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pada mereka yang kecewa menilai calon presiden yang mereka bela mati-matian justru di akhir cerita malah mbebek kepada lawan politiknya. Mereka yang kecewa dan marah menilai hidup haruslah linier, biner, dan dikotomis. Hidup adalah soal kebenaran versus kebatilan, jahat versus baik, atau hitam versus putih.

Padahal hidup penuh warna, dialektika, dan dinamika sehingga tak bisa diterka-terka. Bukankah inilah gambaran hidup yang nyata! Nyata senyata-nyatanya!

Dari sini kita bisa melihat bahwa keberpihakan harus ditancapkan tidak pada manusia, lembaga, atau bahkan sekadar simbol-simbol. Ia berdiri diatas prinsip-prinsip, nilai-nilai, atau mungkin pada pandangan ‘abstrak’ mengenai, umpamanya, barokah dan tidaknya hidup. (dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *