Bukan Salah Hujan

Bukan Salah Hujan
Hujan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Sementara manusia seringkali tidak merasa merusak, perhatikan firman Allah  : “Dan bila dikatakan kepada mereka: “Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi,” mereka menjawab: “Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan”. Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar” (QS al-Baqarah:11-12).

Tidaklah sia-sia dari apa saja yang diciptakan Allah, perhatikan firman Allah : Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka. (QS Ali Imran : 190-191)

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tidak hanya itu, suara air hujan sebagai salah satu dari suara alam diyakini banyak pakar teknologi pikiran dapat mempengaruhi gelombang otak. Irama air hujan diyakini dapat merangsang otak menuju gelombang alfa. Bahkan dengan cara-cara yang diajarkan oleh Rasulullah, ada hadis riwayat Imam Al Qalyubi dalam kitab An Nawadir bahwa air hujan bisa menjadi obat.

Pada saat hujan, bahkan merupakan saat-saat dikabulkannya hujan. Imam Syafi’i telah meriwayatkan dalam kitab al-Umm  dengan sanad yang mursal, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Carilah doa yang dikabulkan, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu ikamah serta ketika turunnya hujan. Imam an-Nawawi juga mengatakan, bahwa doa pada saat hujan tidak ditolak atau jarang ditolak karena pada saat itu tengah turun rahmat, khususnya curahan hujan pertama di awal musim.

Nah, oleh karena itu tidaklah pantas manusia menyalahkan hujan ketika terjadi berbagai bencana alam yang melibatkan air. Sebab menyalahkan hujan, sama saja dengan menyalahkan Yang menciptakan hujan, yakni Allah SWT. Mestinya yang dilakukan manusia adalah bermuhasabah atas semua perilaku yang mengakibatkan rusaknya lingkungan. Kerusakan lingkungan sebenarnya merupakan akibat dari penerapan ideologi kapitalisme yang mengeksploitasi alam secara ugal-ugalan.

Allah menegaskan dalam firmanNya : Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar) (QS Ar Ruum : 41). Dan apa saja musibah yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu). (QS Asy Syura : 30).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *