Kemenag Jabar Dorong IPHI Buka Pesantren Haji

Jamaah MTP IPHI Jawa Barat (dok)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Bandung, Hajinews.id,- Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat, Dr. H. Adib, M.Ag mendorong Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Barat memiliki semacam pesantren haji, untuk memberikan bekal pengetahuan dan manasik haji. Tujuannya agar para “santri” mampu mengetahui segala persoalan dan tata cara haji.

Harapan itu disampaikan pada acara Webinar yang digelar Majelis taklim Perempuan (MTP) IPHI Jawa Barat 21 Januari 2021. Webinar mengambil tema Napak Tilas Perjalanan haji dan Menyikapi Haji dan Umroh Era Covid-19.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut seorang Host acara ini, Lela Noer, M.Ag,  para santri yang masuk pesantren adalah mereka yang akan berangkat haji. Tidak tertutup kemungkinan dibuka pula mereka yang hajinya masih jauh, namun segera berminat mempelajari seluk beluk haji. Pesantren ini dapat menjadi alternative kegiatan Manasik Haji yang biasanya dilakukan beberapa kali pertemuan, dan hanya dilakukan pada beberapa bulan menjelang berangkat haji. Kalau pesantren haji waktunya bebas, sehingga semacam kursus haji.

Bisa juga yang dimaksud dengan pesantren ahaji adalah sebuah pesantren sebagai lembaga pendidikan agama Islam seperti pada umumnya, yang dalam hal ini didirikan oleh IPHI.

Ketua Penyelenggara Dra Hj Dewi Sri Russanti M.M.Pd dan Ketua IPHI Jawa Barat RH. Holil Aksan Umarzen menjelaskan acara webinar ini cukup mendapat apresiasi. Ide yang muncul dalam kegiatan ini akan segera ditindaklanjuti dalam kepengurusan IPHI maupun MTP IPHI Jawa Barat. (*/fur).

Webinar IPHI Jabar
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *