Rezim Jokowi Zalimi Umat, Ini Indikasinya

Rezim Jokowi Zalimi Umat, Ini Indikasinya
M Rizal Fadillah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh M Rizal Fadillah, pemerhati politik dan kebangsaan.

Hajinews – Seperti berlebihan tetapi sebenarnya patut menjadi bahan renungan apakah rezim Jokowi memang sedang menzalimi umat Islam? Tentu berdasarkan indikasi sosial politik yang dirasakan oleh umat Islam, meskipun wajar juga apabila tidak semua dapat merasakannya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Lima indikasi itu, yaitu

Pertama, penangkapan dan penahanan HRS yang jelas dipaksakan dan dicari-cari dengan segudang tuduhan. HRS adakah salah satu tokoh umat. Satu paket dengan pembubaran dan pelarangan FPI yang tercatat telah berbuat banyak untuk kepentingan umat Islam. Sebelumnya HTI lebih dulu dibubarkan.

Kedua, pembunuhan 6 anggota laskar FPI yang terkesan diproteksi oleh rezim sehingga pengungkapan dan tindak lanjut bertele-tele, tidak serius, dan konspiratif. Untuk yang sangat mudah saja tentang siapa polisi yang menembak keempat anggota laskar FPI teryata tidak terungkap. Aneh. Ini pelanggaran HAM berat terhadap bagian dari perjuangan keumatan.

Ketiga, penangkapan dan penahanan Zaim Saidi dengan tuduhan penggunaan mata uang selain rupiah dalam bertransaksi di Pasar Muamalah. Semangat Zaim adalah inovasi dalam berekonomi syariah. Tidak ada unsur penipuan (gharar), spekulasi (maisir), dan rente (riba). Upaya berekonomi mendekati nubuwah. Jika dinilai ada masalah dengan perundang-undangan selayaknya dilakukan pendekatan persuasif terlebih dahulu. Klarifikasi dan edukasi.

Keempat, eksploitasi dana umat baik haji, zakat, maupun wakaf. Masyarakat muslim masih mempertanyakan penggunaan dana haji, zakat, dan terakhir wakaf uang yang dicanangkan Menkeu untuk digunakan sebagai sumber pembiayaan pembangunan infrastruktur. Masyarakat Ekonomi Syariah berubah menjadi lembaga politik yang diisi personal yang tidak kompeten.

Kelima, tuduhan terorisme, radikalisme, dan ekstremisme. Pengaturan baik melalui UU maupun Kepres serta kebijakan politik yang dialokasikan melalui berbagai kementerian  terarah kepada umat Islam. Pelumpuhan kekuatan keumatan dengan isu terorisme, radikalisme, ekstremisme tersebut.

Pendapat Greg Fealy

Di samping hal tersebut penahanan tokoh dan aktivis umat dengan berbagai alasan juga memperkuat indikasi kezaliman. Gus Nur, Maheer, Bahar Smith, Syahganda, Jumhur, Anton, dan aktivis KAMI  di berbagai daerah lainnya. Sedangkan penyerang umat seperti Denny, Armando, Abu Janda sangat sulit untuk diproses meski telah bertumpuk laporan dugaan pelanggaran hukumnya.

SKB tiga Menteri Nadiem, Tito, dan Yaquts yang berhubungan dengan seragam atribut keagamaan juga sangat jelas tendensius menyinggung umat Islam. Prof Greg Fealy dari Australian National University menyatakan, rezim Jokowi represif terhadap umat Islam. Represi negara dapat terjadi dalam berbagai bentuk kepada pegawai negeri, akademisi, guru yang masuk dalam ruang-ruang pantauan.

Bahwa pada setiap rezim ada tindakan diskriminatif terhadap umat Islam mungkin benar, akan tetapi rezim Jokowi tampaknya paling tinggi tingkat tekanan dan zalimi umat. Entah apakah karena kedekatan dengan pemerintah Cina yang komunis atau faktor lain penyebabnya.

Semua dapat dianalisis tuntas setelah pemerintahan Jokowi usai.

Bandung, 6 Februari 2021

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *