Alhamdulillah, Ramadhan 2021 Umat Islam Diizinkan Salat Tarawih di Masjid

Suasana shalat tarawih di Pakistan (AP)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Salat tarawih berjamaah di masjid diizinkan diselenggarakan selama Ramadhan 2021. Pemerintah Kota (Pemko) Batam kini intensif menggelar rapat koordinasi bersama FKPD dan tokoh agama, membahas perihal teknis pelaksanaan Ramadan, Takbiran, hingga Idul Fitri di Kota Batam selama masih pandemi Covid-19.

“Pelaksanaan salat tarawih kami sepakat tarawih dijalankan tapi dengan protokol kesehatan menjadi prioritas,” ujar Wali Kota Batam Muhammad Rudi saat keluar dari ruang rapat Hang Nadim, Kantor Pemko Batam, Batam Centre, dilansir tribun pada Rabu (24/2/2021)

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Selain itu, lanjut Rudi, rumah ibadah juga harus mematuhi protokol kesehatan (protkes). Seperti halnya pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker, cuci tangan, penyediaan hand sanitizer dan pengaturan jarak.

“Salat tarawih sudah bisa, karena kita sebelumnya sudah buka salat berjamaah. Seperti, salat lima waktu jadi salat tarawih tidak masalah. Yang penting prokesnya,” ujarnya.

Rudi melanjutkan dalam rapat tersebut juga membahas buka tutup tempat hiburan malam selama Ramadan. Kesepakatan diambil dengan formasi 3-1-3, tiga di awal, satu pertengahan, dan tiga di akhir bulan Ramadan.

“Tadi ada 3-2-3, ada juga 2-1-2. Tapi kesepakatan Pemko Batam dan Disbudpar Kota Batam buka tutupnya, 3-1-3. Tiga di awal, satu pertengahan, dan tiga di akhir,” jelas Rudi.

Sementara itu, untuk salat Idul Fitri 1442 H juga dapat dilaksanakan secara berjamaah di ruangan terbuka, seperti area lapangan atau alun-alun. Sedangkan, untuk malam takbiran pihaknya belum dapat memutuskan. Pihaknya masih melihat kondisi kasus Covid-19 di Kota Batam.

“Salat Ied, kita sepakat salatnya di luar dari masjid. Jadi tidak bertumpuk satu tempat. Soal, takbiran masih belum diputuskan karena kita masih melihat Covid-19,” tuturnya.

Rapat tersebut juga dihadiri Kemenag Kota Batam Zulkanain, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD), tokoh agama, dan Forkopimda.

“Kita sepakat hasil rapat ini ditindaklanjuti bersama Kemenag dan Pemko Batam. Nanti, kita juga membentuk tim penanganan Covid-19 tiap kecamatan seperti tahun lalu,” katanya

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *