Hikmah Siang : 5 Tanda Sholat Sedang Diganggu Setan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Saat muslim mengerjakan sholat, hanya sebagian yang mungkin mampu mencapai khusyuk dalam sholatnya. Ada saja tindakan dan pikiran yang mengurangi kekhusyukan saat mengerjakan sholat. Tentu hal tersebut tidak terlepas dari ulah dan tipu daya setan.

Dikutip dari RINGTIMES BALI dan YouTube Jamaah Nurul Qolbi pada 3 Maret 2021, berikut tanda yang bisa dirasakan saat kita diganggu setan ketika sholat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Was-was Dalam Niat

Biasanya perasaan was-was ini akan muncul sejak kita mengambil air wudhu hingga berlangsungnya sholat. Ini membuat sholat kita menjadi ragu. Lupa jumlah rekaat atau lupa bacaan sholat.

2. Ingat Hal Lain

Mungkin kita sering tiba-tiba mengingat hal-hal lain saat sedang khusyuk dalam sholat. Hal tersebut tentunya sangat jelas menunjukkan kita sedang diganggu setan khanzab.

3. Merasa ingin Buang Air atau Buang Angin

Hal inipun sering kita alami, ditengah-tengah sholat muncul perasaan yang mengatakan rasanya ingin buang angin atau buang air sehingga muncul keraguan dalam sholat. Apabila gangguan dari khanzab ini kuat, maka kita akan membatalkan sholat, berwudhu lagi dan membatalkan sholat kita. Sangat tidak dianjurkan untuk membatalkan sholat hanya karena merasa ingin buang angin atau buang air.

4. Tidak Fokus Dalam Sholat

Gangguan khanzab yang paling sering kita alami adalah tidak fokus dalam sholat. Jika hal ini terjadi segeralah memohon perlindungan Allah sehingga sholat menjadi khusyuk kembali.

5. Tergesa-gesa Dalam Sholat (Tidak Tuma’ninah)

Sikap tuma’ninah dalam sholat sangat siperlukan agar seseorang bisa mencapai kekhusyukan dalam sholat. Rasulullah SAW mengibaratkan seorang mukmin yang mengabaikan tum’ninah dalam sholat dianggap sebagai pencuri sholat. Maksudnya adalah tidak sempurna dan tidak menyempurnakan ruku’ dan sujudnya dengan benar saat sholat.

 

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *