Menghitung Langkah Kuda Politik SBY

Menghitung Langkah Kuda Politik SBY
Fathorrahman Fadli, Direktur Eksekutif Indonesia Development Research/IDR, Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Simbol Kelompok Oposisi

Keenam, secara tipikal, SBY adalah tokoh nasional bahkan internasional dengan karakteristik solidarity maker. Jam terbangnya dalam dunia intelijen serta relasi politik internasionalnya, terutama dengan tokoh-tokoh politik penting di Amerika Serikat sangat potensial jika SBY menjadi simbol dari kelompok oposisi.

Kita semua tahu bahwa kecenderungan politik Joko Widodo yang pro terhadap China akan menjadi pintu masuk bagi terbangunnya soliditas politik diantara kelompok oposan di Indonesia. Prasyarat dasar bagi tumbuhnya kekuatan oposisional tersebut tersedia luas dalam masyarakat akibat berbagai ketidakpuasan dan korupsi politik yang menyeruak dalam masyarakat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jika SBY jeli melihat ketidakpuasan tersebut untuk dijadikan modal politik membangun solidaritas kelompok oposisi. Saat ini kelompok oposisi tersebut terdapat bermacam-macam seperti Kelompok Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), kelompok kritis yang diidentifikasi sebagai Kampret dan kadrun, kelompok Ormas Islam non NU struktural seperti FPI, Hizbut Tahrir, dan para simpatisan korban pembunuhan sadis 6 lasykar FPI. Jika seluruh kekuatan oposisi berhasil dimobilisasi oleh SBY atas nama Menyelamatkan negara dari kehancuran, maka gelombang politik besar akan segera terjadi. Mungkin gelombang itukah yang disinyalir mistikus Mbakyu sebagai Gerakan Politik Ketidakpuasan yang disebut Lengser? Mari kita lihat nanti, sebab gelombang masih terus beriak.

banner 800x800