Al Mushawwir ( Allah Yang Maha Pembentuk )

Al Mushawwir ( Allah Yang Maha Pembentuk )
Al Mushawwir
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh : KH. Abdullah Gymnastiar

Hajinews – Tahukah Sahabat mesin paling hebat dan paling canggih di dunia? Itulah tubuh kita. Dialah mesin tercanggih yang tidak tertandingi kehebatannya. Sebagian besar mesin yang dibuat manusia pun meniru mekanisme kerja yang terjadi pada tubuh. Itulah mengapa, tubuh manusia senantiasa mengundang decak kagum para ilmuwan yang mempelajarinya. Betapa tidak terkagum-kagum, semakin digali dan diteliti, semakin terbuka beragam keajaiban di dalamnya, baik pada struktur atau mekanisme kerjanya: semakin diteliti dan dikaji, semakin banyak misteri yang menunggu untuk dipelajari.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tubuh manusia memiliki organ-organ yang bekerja tanpa lelah dengan tingkat kerumitan tinggi, baik susunannya maupun tugasnya. Jantung misalnya, organ ini bekerja siang malam tanpa lelah memompa darah ke seluruh jaringan tubuh melalui serangkaian pembuluh darah yang panjangnya mencapai 96.500 km. Jantung juga bertugas mengangkut sampah metabolisme dari seluruh jaringan tubuh untuk diantarkan ke organ-organ yang bertugas mengeluarkan sampah tersebut dari tubuh.

Demikian pula organ-organ lainnya. Paru-paru berfungsi memompa udara ke seluruh tubuh. Proses ini kita namai sebagai aktivitas bernapas Sesungguhnya, bernapas berarti memberi makan sel tubuh kita dengan oksigen. Sel sel tidak bisa bertahan hidup kecuali jika mereka diberi oksigen Itulah sebabnya manusia hanya bisa menahan napas untuk waktu yang singkat. Jika lebih lama lagi, sel-sel di dalam tubuh akan mati sehingga menyebabkan kematian tubuh secara keseluruhan. Sejatinya, walaupun tampak sederhana dan biasa, bernapas ini melibatkan sebuah proses yang sangat pelik dan kompleks, di mana hidung, saluran pernapasan, dan paru-paru terlibat di dalamnya.

Lihat pula otak Organ yang teramat vital ini mengumpulkan informasi yang diterima dari mata, hidung, telinga, kulit, mulut, dan lainnya untuk kemudian menyimpulkannya. Adapun yang melakukan penyimpulan ini adalah gabungan 100 miliar sel saraf (neuron) dalam otak. Sel-sel ini bekerja tanpa henti dan memungkinkan manusia bisa mengenali aneka warna, suara, ataupun rasa

Di dalam otak pun terdapat bagian-bagian dengan kinerja yang amat sempurna dan mengagumkan Salah satunya adalah hipotalamus. Bagian ini terletak langsung di bawah otak dan ukurannya sebesar biji kenari Sejumlah besar informasi schubungan dengan keadaan tubuh dikirim ke hipotalamus. Informasi ini disampaikan ke sana dari setiap titik dalam tubuh, termasuk pusat indra dalam otak Kemudian hipotalamus menguraikan informasi yang diterimanya, memutuskan tindakan yang mesti diambil dan perubahan yang harus dibuat dalam tubuh, serta membuat sel-sel tertentu menjalankan keputusannya.

Hipotalamus pun didaulat sebagai pemimpin umum sistem hormon Hal ini menjadikannya bertanggung jawab untuk menjaga kemantapan suhu tubuh, mengendalikan tekanan darah, memastikan keseimbangan cairan, dan bahkan pola tidur yang tepat. Maka, tidak peduli berapa pun suhu di luar, tubuh harus selalu dijaga pada suhu tetap, biasanya antara 36,5 dan 37,5 derajat. Penurunan dan kenaikan suhu tubuh secara tiba tiba dapat menyebabkan kematian. Suhu tubuh orang sehat. dengan hadirnya hipotalamus dengan kinerjanya yang sangat canggih, berubah paling banyak 0,5 derajat. Dengan cara yang sama, tekanan darah dalam pembuluh darah, jumlah cairan di dalam darah dan kecepatan fungsi sel harus cermat diukur, serta keseimbangan yang ada dijaga setiap saat. (Keajaiban Hormon, Harun Yahya)

Maka, kita bisa melihat bahwa semua yang ada pada tubuh manusia mewujud dengan keunikan dan tingkat kerumitan yang luar biasa. Antara satu dengan lainnya saling terkait. Itu mengapa, kerusakan pada salah satu organ akan menyebabkan terhambatnya atau rusaknya fungsi organ yang lain. Lalu, siapakah arsitek yang menciptakan makhluk spektakuler yang begitu unik dan indah ini? Dialah Allah, Al-Mushawwir, Dzat Yang Maha Pembentuk.

Sumber : Buku Asmaul Husna Untuk Hidup Lebih Bermakna

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *