Toleransi Tingkat Tinggi! Anies Blusukan ke Gereja Tertua

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan blusukan ke Gereja Sion Mangga Dua, Jakarta Barat. Tempat ibadah umat Kristiani itu merupakan salah satu gereja bersejarah di Ibu Kota, dimana Gereja Sion dulu disebut Portugeesche Buitenkerk atau Gereja Portugis.

Anies menyebut, kedatangannya di tempat itu disambut hangat pendeta dan pemimpin gereja, dalam sejumlah foto yang diunggah di akun instagram @aniesbaswedan terlihat orang nomor satu di Jakarta itu tampak berbincang dengan sejumlah pengurus gereja, Anies juga menyempatkan diri melihat beberapa sudut bangunan gereja tua itu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kemarin silaturahmi ke sini, kedatangan kami disambut hangat oleh Ibu Pdt. Fransien Ihalaw-Hukom S.Th (Ketua Majelis Jemaat GPIB Sion) dan Bapak Waspo Yuwono (Kepala Tata Usaha Gereja Sion). Mereka banyak bercerita tentang sejarah gereja tertua di Indonesia bahkan Asia ini,” kata Anies Baswedan di akun instagramnya dikutip hajinews pada Selasa (23/3/2021).

Anies bercerita, rumah ibadah itu tuntas dibangun pada 1695 dan resmi dipakai sejak saat itu. Gereja itu pernah dipugar pada 1920 dan sekali lagi pada 1978, Anies Baswedan menyebut, Gereja ini merupakan salah satu bangunan paling tua di Jakarta dan masih dipakai hingga kini. Gereja yang sudah berusia 326 tahun ini telah ditetapkan sebagai situs cagar budaya nasional.

“Selesai dibangun pada 1695 menjadikan gereja ini sebagai gedung tertua di Jakarta,” tuturnya.

Selain berkeliling dan melihat seisi gereja yang penuh dengan ornamen khas bangunan Portugis itu, Anies juga sempat melihat beberapa kursi berukiran bagus dan bangku dari kayu hitam atau eboni yang masih dipakai hingga kini. Tempat duduk itu dipakai jemaat yang beribadah.

“Kursi-kursi itu ditaruh berjarak dan diberi nomor, karena saat ini gereja sudah dibuka kembali dengan protokol kesehatan untuk jemaat terbatas dan harus mendaftar online dulu. Kuota dibatasi maksimal 25 persen dari kapasitasnya 400 orang, sementara yang lain mengikuti ibadah lewat live streaming,” tuturnya

Usai berkeliling, Anies menyebut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera memperbaiki beberapa fasilitas gereja yang mulai rusak karena usianya yang sudah cukup tua yakni tiga abad lebih.

“Kita melihat ada beberapa fasilitasnya yang butuh perbaikan. InsyaAllah kita akan bantu perbaiki sesuai kapasitas Pemprov DKI, tentu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait karena statusnya sebagai cagar budaya nasional,” ucapnya.

Melihat unggahan Anies Baswedan, pengguna media sosial banyak yang memberi pujian kepadanya, Anies Baswedan disebut pemimpin yang punya toleransi tinggi bahkan ada pula yang mendoakan dirinya menjadi pelopor pemersatu umat beragama di Jakarta.

“Pemimpin yang memiliki Toleransi tinggi,” tulis akun @jr._city di kolom komentar.

“Sehat selalu pak. Semoga bapak jadi pelopor persatuan umat beragama di jakarta,” timpal akun @ryankheday’s

“Bener2 Pak Haji Anies ini…meleleh hati ini lihat beliau, Ikhlas tanpa teriak2 kami pancasila…nyata…1000% harus jadi presiden,…pak anies,” kata akun @sekolahdaarennisa.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *