Demi Bangun Ekonomi Umat, Erick Thohir Ingin Libatkan 1.000 Pesantren

Menteri BUMN Erick Thohir (foto: tribun)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dalam program ini Erick menargetkan bisa mengajak setidaknya 1.000 pesantren. Sedangkan salah satu jenis usaha yang disiapkan adalah pendirian outlet Pertashop.

Pertashop merupakan lembaga penyalur dari Pertamina yang disiapkan untuk melayani konsumen yang selama ini belum terlayani oleh lembaga penyalur BBM, seperti SPBU.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Erick juga mengatakan, Bank Syariah Indonesia diminta untuk mendukung pesantren dari sisi pembiayaan, alias modal.

“Saya menyampaikan komitmen Kementerian BUMN dan BUMN untuk menggandeng 1.000 pesantren di pulau jawa dengan dukungan permodalan dan layanan perbankan syariah,” jelas Erick seperti dikutip Tribunnews dari akun Instagram pribadinya, Ahad (2/5/2021).

“Juga kesempatan berwirausaha, antara lain bersama Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Pertashop (SPBU mini Pertamina),” sambungnya.

Menurut Erick, dalam kondisi pandemi saat ini, diperlukan pelaku usaha UMKM berbasis pesantren yang mampu memberikan dampak langsung kepada perekonomian rakyat, khususnya di lingkungan pesantren itu sendiri.

“Ini adalah bagian dari upaya membangun kemandirian ekonomi pesantren, serta membangkitkan keseimbangan pembangunan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Sebagai langkah perdana, Bank Syariah Indonesia memberi pembiayaan Pertashop ke Pesantren Binaan Habib Muhammad Lutfi Bin Ali Bin Yahya di Pekalongan, Jawa Tengah.

Ke depannya, sebanyak 1.000 Pertashop yang tersebar di berbagai pesantren di sejumlah daerah yang pembiayaannya akan dikerjasamakan dengan Bank Syariah Indonesia.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *