Profil Singkat Anregurutta Haji (AGH) Sanusi Baco, Sosok Ulama Berpengaruh di Sulsel

Profil Singkat Anregurutta Haji (AGH) Sanusi Baco, Sosok Ulama Berpengaruh di Sulsel
Anregurutta Haji (AGH) Sanusi Baco
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan, Anregurutta Haji (AGH) Sanusi Baco menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Primaya, pada Sabtu, 15 Mei 2021.

Ulama berpengaruh dan kharismatik, Sanusi Baco, wafat di usia 84 tahun. Dikenal dengan sebutan Pak kiai, beliau meninggal dunia disebabkan oleh sakit yang dideritanya sejak Jumat, 14 Mei 2021, pagi hari sekitar jam sembilan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Anregurutta Haji (AGH) Sanusi Baco sempat menjalani perawatan medis di kediamannya, kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Primaya (RS. Awal Bros Makassar), dengan diagnosa awal Kolik Abdomen.

Kolik Abdomen merupakan situasi dimana Anda akan merasakan rasa nyeri yang bersumber dari perut.

Selain menjabat sebagai Ketua Umum MUI Sulsel, Pak Kiai juga merupakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Kiai kelahiran Maros, 4 April 1937, adalah lulusan pondok pesantren Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Mangkoso, Kabupaten Barru. Beliau mondok selama delapan tahun.

Dikenal sebagai sosok ulama yang berpengaruh di Sulsel, Pak Kiai merupakan lulusan pendidikan sarjana muda di Universitas Muslim Indonesia.

Sanusi Baco juga merupakan seorang aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), yang membawanya memperoleh beasiswa.

Kemudian beliau melanjutkan pendidikan di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir dengan bantuan beasiswa berprestasi dari Departemen Agama (Kementerian Agama).

Setelah menyelesaikan pendidikan, ia kembali ke?tanah air, Pak Kiai mengajar di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Universitas Islam Makassar (UIN) Alauddin Makassar di Fakultas Syariah.

Almarhum Pak Kiai juga mendirikan Sekolah Tinggi Al-Gazali Cabang STAI Al-Gazali di Makassar.

Sumber: jurnalpalopo

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *