Kemenangan Palestina Dan Era Baru Perlawanan Menghadapi Tiga Level Aneksasi Zionis Israel

Kemenangan Palestina Dan Era Baru Perlawanan Menghadapi Tiga Level Aneksasi Zionis Israel
Kemenangan Palestina Dan Era Baru Perlawanan. foto/dok ist
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hamas selanjutnya sering tidak mengakui perundingan perundingan Pemerintah Palestina dengan Pemerintah Israel karena langkah langkah diplomasi dengan perundingan perundingan tersebut tidak efektif menghentikan aksi Pemerintah Israel dalam membangun pemukiman baru dengan mencaplok wilayah dan pemukiman warga Palestina. Pemerintah Israel selalu mencederai persetujuan dalam perundingan.  Bahkan kemudian membuat tembok tembok pembatas dan pemisah secara sepihak yang secara significant mengurangi wilayah Palestina di west bank.

Secara diam diam, Hamas memodernisasi dan meningkatkan kapasitas peralatan militernya. Belum diketahui negara mana yang mendukung hal tersebut meskipun ada dugaan Iran dibelakangnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam bentrokan akibat pemerntah Israel mendukung warga zionis ilegal yang merampas pemukiman warga Palestina di Seikh Jarrah, kemampuan militer Hamas sangat mengejutkan banyak pihak.

Sejauh ini tidak ada satupun negara di timur tengah yang mencela langkah Hamas dalam perang militer dengan Israel, justru negara negara tersebut mengecam Pemerintah Israel yang menyerang Gaza secara besar besaran berkibat banyak warga sipil Palestina meninggal.  Al – Fatah justru mendukung langkah militer Hamas dengan menawarkan langkah rekonsiliasi dengan Hamas.  Di pihak Israel juga terjadi banyak kerusakan di tel aviv dan kota lainnya serta kurban nyawa rakyat sipil.

Tidak ada tanda tanda Hamas menyerah karena roket roketnya juga masih meluncur mampu menerobos pertahanan udara Israel.

Ketangguhan militer Hamas memaksa terjadinya gencatan senjata dari kedua belah pihak yang disambut baik oleh banyak negara.  Presiden AS Joe Biden sama sekali tidak menyebut Hamas sebagai faktor yang dipertimbangkan dalam dukungan pemerintah AS atas gencatan senjata tersebut, namun menyebut Al – Sisi sebagai pihak yang dikontaknya dalam upaya terjadinya gencatan senjata yang efektif.  Benyamin Netanyahu mengkonfirmasi dengan persetujuannya atas usulan gencatan senjata dari Presiden Mesir.

Rakyat Palestina menyambut gencatan senjata dengan turun ke jalan merayakannya seperti perayaan sebuah kemenangan dalam perang yang sudah lama dirindukannya akibat perbuatan semena mena Israel yang terus melakukan penjarahan atas properti milik rakyat Palestina yang sering menelan kurban jiwa.

Kedepan, apakah langkah rekonsiliasi antara Fatah dan Hamas akan a menghasilkan kesepakatan baru, dimana langkah diplomasi pemerintah Palestina harus didukung kekuatan militer yang memadai sehingga kekuatan sebagai suatu negara semakin utuh dan lengkap. Akankah rekonsiliasi itu akan menjadi era baru perjuangan rakyat Palestina.

Meskipun demikian masih belum diketahui bagaimana sikap Hamas terhadap resolusi PBB no 242 dan 338.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *