Hikmah Malam : Amalan sunah yang sering ditinggalkan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Dalam syariat agama Islam mengatur tentang segala hal di dunia ini. Kemudian dari hak tersebut terciptalah golongan dalam penentuan hukum suatu perkara. Ada yang wajib, sunah, mubah, makruh, dan haram dilakukan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tak terkecuali dalam ibadah salat, ada banyak sekali sunah-sunah yang bisa dikerjakan di luar rukun salat. Dan tentu saja amalan sunah ini akan memiliki keutamaan yang sangat luar biasa.

Diantara banyaknya sunah-sunah yang ada dalam ibadah shlat. Ternyata ada satu tuntunan sunah yang sering dilalaikan hingga ditinggalkan umat Islam. Adapun amalan sunah yang sering ditinggalkan ini adalah doa ketika sujud.

Tahukah anda posisi sujud dalam salat merupakan wujud simbolik bahwa kita benar benar Menuhankan Allah SWT? Karena dalam posisi ini kita dengan segala kerendahan diri kita membungkukkan badan mengagungkan Allah SWT. Maka dalam posisi inilah seorang hamba sangat dekat dengan Tuhannya. Dalam posisi ini pun secara tidak langsung konektivitas seorang hamba dengan Allah SWT tentu akan menguat. Apalagi jika salatnya dikerjakan dengan sangat khusyu. Maka tidak salah pada momentum posisi sujud menjadi momen yang sakral untuk berdoa. Dengan harapan karena dekatnya seorang hamba dengan Allah SWT lewat sujud ini. Akan menjadikan doa lebih mustajab. Namun pemahaman akan amalan ini sangat minim. Sehingga tak jarang amalan sunah ini sering ditinggalkan.

Mengutip dari kitab Riyadus shalihin Imam Nawawi. Beliau menguraikan perintah Rasulullah SAW dalam kitab ini mengenai sunah doa ketika sujud. Perintah Rasulullah SAW ini diriwayatkan oleh Imam muslim yang menjelaskan sebagai berikut. Bahwa waktu seorang hamba sangat dekat dengan Tuhannya adalah ketika sujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika sujud. Hal ini menjadi tuntunan pasti karena Rasulullah SAW yang memerintahkannya.

Adapun doanya tidak disebutkan secara khusus. Sehingga kita bisa berdoa apapun itu dalam momentum sujud kita ketika salat. Maka jangan sampai menjadi hamba yang merugi karena melewatkan momentum sakral ini

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *