KH. Muhammad Bakhiet: Inilah 5 Keutamaan Membaca Surah Al Ikhlas

Membaca Surah Al Ikhlas
Membaca Surah Al Ikhlas
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Surah Al-Ikhlas merupakan surah yang diturunkan di Mekkah dan terdiri dari 4 ayat.

Setiap surah di dalam Al Quran memiliki keutamaan, termasuk surah Al Ikhlas.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Berikut KH. Muhammad Bakhiet akan menjabarkan mengenai keutamaan mengamalkan surah Al Ikhlas, dikutip dari YouTube nm232bjm Channel yang diunggah 27 November 2019.

“Dinamakan surah Al Ikhlas, karena orang yang mencintai membaca surah ini akan mendapat ikhlas ibadah kepada Allah SWT,” jelas KH. Muhammad Bakhiet.

Para ulama mengatakan, surah Al Ikhlas mempunyai 20 nama yang menunjukkan kelebihan dan kemuliaan surah ini.

Berikut adalah 20 nama lain dari surah Al Ikhlas, diantaranya At-Tafrid, At-Tajrid, At-Tauhid, Al-Ikhlas, An-Najat, Al-Wilayah, An-Nisbah, Al-Ma’rifah, Al-Jamal, Al-Muqasyqisyah, Al-Mu’awwidzat, As-Shamad, Al-Asas, Al-Maani’ah, Al-Mukhtashar, Al-Muniroh, Al-Baroah, Al-Mudzkiroh, An-Nuur, Al-Insan.

“20 nama surah Al-Ikhlas menunjukkan kemuliaan dan kelebihan surah tersebut,” ujar KH. Muhammad Bakhiet.

20 nama surah Al Ikhlas menunjukkan banyak kelebihan. Berikut adalah kelebihan diantara nama lain surah Al Ikhlas berdasarkan penjelasan KH. Muhammad Bakhiet.

  1. Al-Wilayah artinya surah kewalian. Barangsiapa seseorang yang mencintai dengan membaca surah Al Ikhlas, ia akan menjadi wali Allah SWT.
  2. Al-Ma’rifah artinya orang yang memahami, mencintai dan banyak membaca surah AL Ikhlas, maka Allah akan berikan ma’rifat (pengetahuan) kepadanya.

KH. Muhammad Bakhiet berkata, banyak hadits-hadits Rasulullah SAW yang menunjukkan keutamaan surah Al Ikhlas, antara lain.

Rasulullah SAW bersabda, “Andai kalian tidak mampu membaca sepertiga ayat Al Quran di malam hari, maka bacalah surah Al Ikhlas, karena surah ini adalah sepertiga dari Al Quran.

Artinya, seseorang yang membaca satu kali surah Al Ikhlas, ia akan memperoleh pahala yang sama dengan seseorang membaca sepertiga ayat Al Quran.

Hadits kedua, Rasulullah SAW bersabda. Beliau memanggil dan mengatakan kepada seseorang imam yang selalu membaca surah Al Ikhlas setiap rakaat sholatnya, “Kecintaanmu dengan surah Al Ikhlas itu, memasukkanmu ke dalam surga,” ucap Nabi.

Ketiga, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca surah Al Ikhlas ketika sakit dan ia mati di dalam sakitnya tersebut, maka ia tidak akan difitnah di alam kubur dan malaikat akan mendampinginya hingga masuk surga.”

Keutamaan surah Al Ikhlas yang keempat adalah melapangkan rezeki. Pada suatu hari seorang laki-laki melaporkan hasilnya kepada Rasulullah Saw tentang kesusahan hidup yang dideritanya.

Ia memohon supaya diajarkan amalan singkat untuk menghilangkan kesempitan hidup itu. Maka, Rasulullah SAW menyuruhnya supaya setiap kali masuk kerumah sendiri, memberi salam kemudian membaca surat Al-Ikhlas tiga kali.

Jika rumah kosong tidak ada orang didalam, maka berilah salam kepada Rasulullah SAW, kemudian sambil melangkah masuk kedalam baca surah Al Ikhlas tiga kali. Laki-laki itu pun mengamalkannya dan alhamdulillah lapang dan melimpah rezekinya sampai ia bisa memberi kepada tetangga-tetangganya.

Menurut Hadis Al-Baihaqi, dari Umamah Al-Bahili, bahwa Jibril telah mendatangi Nabi SAW bersama dengan 70.000 Malaikat di Tabuk, Jibril berkata, “Rasulullah, saksikan jenazah Muawiyah dari Tabuk bersama Jibril dan sejumlah Malaikat lain.

Kemudian Rasulullah Saw bersabda, Jibril, apa sebabnya Mu’awiyah beroleh martabat seperti itu? Jibril menjawab, “Dia memperoleh kehormatan itu, akibat membaca ‘Qul Huwallahu Ahad’ setiap hari, ketika sedang berdiri, duduk, ruku’ dan berjalan.”

Dan inilah keutamaan surah Al Ikhlas yang terakhir berdasarkan hadits Rasulullah SAW.

Hadits Anas bin Malik mengatakan bahwa Rasulullah Saw bersabda,

“Barangsiapa membaca ‘Qul Huwallahu Ahad’ sekali, dia diberkati. Barangsiapa membacanya dua kali dia dan keluarganya diberkati. Barangsiapa membacanya tiga kali, dia, keluarga dan jiran tetangganya diberkati. Barangsiapa membacanya 12 kali, dibina Allah untuknya 12 istana di dalam surga. Jika dibacanya 100 kali, maka dihapuskan Allah dosanya (dosa kecil) selama 50 tahun, kecuali pertumpahan darah dan harta benda. Jika dibacanya 200 kali, dihapuskan dosanya 100 tahun. Jika dibacanya 1000 kali, niscaya sebelum mati telah dilihat atau diperlihatkan kepadanya tempatnya dalam surga.”

Itulah 6 keutamaan surah Al Ikhlas atau ‘Qul Huwallahu Ahad’ menurut KH. Muhammad Bakhiet berdasarkan hadits Nabi SAW. [jmbr]

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *