Amalan Setelah Sholat Subuh yang Bisa Dilakukan untuk Dapat Pahala

Ilustrasi sholat (foto ist)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Setelah sholat Subuh, sebaiknya setiap muslim tidak langsung meninggalkan sajadah dan melepas sarung atau mukena. Sebab ada beberapa amalan setelah sholat Subuh yang bisa dilakukan.

Sempatkan diri untuk melakukan beberapa amalan setelah sholat subuh yang memiliki faedah besar. Apa saja amalan setelah sholat Subuh? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Berdoa

Amalan setelah sholat subuh yang pertama adalah membaca doa. Berdoa merupakan sebuah rutinitas yang dilakukan oleh setiap muslim, bukan hanya pada saat sholat subuh saja.

Namun juga setiap sholat dan setiap saat kita harus selalu berdoa dan minta perlindungan kepada Allah SWT. Tetapi ada yang berbeda untuk doa setelah sholat subuh, dan berikut ini bacaan doa yang baik diminta setelah sholat subuh:

“Allahumma innii asaluka ‘ilmaanaafi’aa. Wa rizqontoyyibaa wa amalammutaqobbalaa”.

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima, (HR Ahmad, Ibnu Majah)”.

2. Dzikir

Amalan setelah sholat Subuh selanjutnya adalah berdzikir dengan mengucapkan kalimat-kalimat Allah SWT. Kemudian shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Duduk dan lafazkan bacaan dzikir berikut ini sedikitnya 10 kali:

“Laa ilaha illallahu wahdahu laa Syarika lah, Lahul Mulku wa Lahul hamdu, Yuhyii wa Yumiitu, wa Huwa ‘ala Kulli Syai-in Qodiir”.

Artinya: “Tiada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan segala pujian. Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan Dialah Yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu”.

3. Membaca Beberapa Surat Al-Qur’an

Tidak hanya berdoa dan dzikir, kita juga dapat membaca beberapa surat dalam Al-Quran sebagai salah satu amalan setelah sholat subuh yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah beberapa surat dalam Al-Quran tersebut:

  • Membaca Surat Al-Fatihah
  • Membaca lima ayat pertama Surat Al-Baqarah
  • Membaca ayat 255, 256, dan 257 Surat Al-Baqarah
  • Membaca ayat 284 – 286 Surat Al-Baqarah
  • Membaca Surat Al-Ikhlas
  • Membaca Surat Al-Falaq
  • Membaca Surat An-Naas

Setelah sholat subuh, sebaiknya kita tidak tidur kembali. Bukan hanya tidak baik untuk kesehatan, namun tidur setelah sholat subuh juga dapat menghambat rezeki dari Allah SWT. Bahkan Rasulullah SAW telah menganjurkan kepada umatnya agar tidak tidur setelah melaksanakan sholat subuh. Setelah subuh, sebaiknya aktivitas diisi dengan mengerjakan hal-hal bermanfaat yang dapat mendatangkan rezeki.

Dalam riwayat sahabat Ibnu Abbas sebagaimana diriwayatkan Imam Thabrani, disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “Idza shalaytumul-fajra fala tanamuu ‘an thalabi arzuqakum”, yang artinya “Ketika kalian sudah selesai melakukan sholat subuh, janganlah (mementingkan) tidur yang menjadi penyebab hilangnya rezekimu”.

Menurut Syekh al-Munawi dalam Faidhul Qadir, kebiasaan Rasulullah SAW setelah subuh dimulai dengan mencari rezeki, yaitu di waktu-waktu yang diberkahi. Setelah sholat subuh, Rasulullah akan berdzikir dan beristighfar kemudian setelah matahari terbit, barulah Rasulullah berjalan keluar untuk mencari rezeki.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *