Biaya Haji Reguler Muassasah Malaysia Mencapai Rp85 Juta Tahun 2022

Biaya Haji 2022
Biaya Haji 2022
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Malaysia, Hajinews.id– Lembaga Tabung Haji (TH) menghitung biaya haji jamaah muassasah (reguler) tahun ini naik menjadi lebih dari RM25.000, menyusul kenaikan pajak dan perubahan tarif layanan yang diberlakukan pemerintah Arab Saudi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tabung Haji, penyelenggara ibadah resmi ibadah bentukan pemerintah Malaysia, mengatakan besarnya biaya tersebut disebabkan oleh kenaikan 12 persen untuk jamaah muassasah dari biaya tahun 2019 yang mencapai RM22.900, lapor kantor berita Kamis ( 7/4/2022 ) mengutip pernyataan TH.

Pajak naik dari lima persen menjadi 15 persen, ditambah perubahan tarif layanan lainnya.Belum lagi biaya-biaya lain yang diperlukan untuk menyesuaikan layanan haji dengan standard operating procedure (SOP) baru yang diberlakukan tahun ini.

Menurut TH biaya terdiri dari biaya yang harus dibayar jamaah untuk dapat melakukan ritual ibadah haji seperti biaya pesawat dan akomodasi haji yang mencakup sekitar 70 dari total biaya.

Biaya lain termasuk makan, ongkos bus, tenda di Arafah dan Mina, serta jasa mutawif selama 40-45 hari masa perjalanan haji.

“Hampir semua layanan ini diberikan di Arab Saudi dan kenaikan pajak pertambahan kenaikan dan inflasi di sana,” kata Tabung Haji dalam pernyataannya.

TH sendiri penuh biaya tidak langsung yang mencapai RM60 juta per tahun untuk menyelenggarakan kursus persiapan haji, penerbitan buku panduan haji, layanan kesehatan serta membayar staf layanan layanan haji.

Datuk Seri Syed Saleh Syed Abdul Rahman, direktur eksekutif haji TH, dalam pernyataan yang sama mengatakan biaya naik dari tahun ke tahun disebabkan inflasi di Arab Saudi, peningkatan layanan dan pembangun. di Mekah dan Madinah.

Meskipun demikian, kata Syed Saleh, TH tetap memberikan bantuan finansial bagi jamaah yang baru pertama kali menjalankan ibadah haji.

Syed Saleh mengatakan bahwa berdasarkan catatan TH sudah memberikan bantuan finansial RM2 miliar untuk jamaah haji sejak 2001.

“TH mempertahankan tingkat pembayaran haji RM9,980 selama 13 tahun terakhir meskipun biaya pelaksanaan haji meningkat setiap tahun,” kata Syed Saleh.

Menurut informasi biaya haji di website Tabung Haji yang dilihat hajinews.id Sabtu (0/4/2022), biaya haji Musim Haji 1440H/2019M untuk jamaah muassasah yang baru pertama kali berhaji sebesar RM22.900 dengan subsidi perincian dari TH RM12.920 dan pembayaran haji RM9.980. Sedangkan untuk jamaah muassasah yang sudah pernah melakukan ibadah haji, biaya haji sama yaitu RM22.900 dengan perincian tidak ada subsidi dari TH dan pembayaran haji sebesar RM22.900.

Warga Muslim di Malaysia bisa pergi menunaikan ibadah haji sebagai jamaah muassasah atau jamaah pakej . Jamaah muassasah adalah jamaah haji reguler yang mendaftar dan diurus oleh Tabung Haji, sebagai lembaga yang dibentuk pemerintah untuk keperluan itu. Jamaah pakej ( paket) adalah jamaah haji yang berangkat lewat layanan travel swasta misalnya Tabung Haji Travel & Services. Perbedaan menyolok adalah dari besaran biaya yang ditanggung, haji muassasah jauh lebih murah dibandingkan haji pakej. Haji muassasah harus antre giliran haji, sedangkan haji pakej bisa berangkat kapan saja. Konon, jamaah haji pakej mendapatkan penginapan yang lebih baik dan lebih dekat dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Beberapa tahun silam, dengan uang RM22.000 Muslim Malaysia bisa pergi ke Makkah sebagai jamaah haji pakej.*

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *