Niat Puasa Senin Kamis dan Inilah Balasan Setimpal di Surga

Niat Puasa Senin Kamis
Niat Puasa Senin Kamis
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Niat puasa Senin Kamis sering dilakukan oleh mereka umat Muslim yang ingin menambah suntikan pahala setiap minggunya. Selain melakukan amalan-amalan wajib yang pastinya harus dikerjakan, sebagian umat Muslim juga banyak yang mengamalkan amalan sunnah dengan tujuan agar mendapatkan kebaikan dan keistimewaannya.

Salah satu keisitmewaan yang didapat dengan melakukan amalan sunah yaitu diberikannya pahala yang berlipat-lipat ganda. Oleh karena itu, tidak heran banyak umat Muslim yang masih mencari peluang dengan mengerjakan amalan sunah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Salah satunya dengan memiliki niat puasa Senin Kamis. Niat puasa Senin Kamis semata-mata karena Allah SWT tentu akan diberikan balasan yang setimpal di akhirat kelak.

Di mana karena puasa Senin Kamis merupakan salah satu puasa yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Memiliki niat puasa Senin Kamis memiliki banyak keutamaan, khususnya bagi mereka yang niat sungguh-sungguh karena Allah dan istikamah dalam melakukannya.

Nabi Muhammad SAW adalah sebaik-baiknya manusia yang bisa kita tiru segala perangai, sifat dan tentu saja amalan hidupnya.

Puasa Senin Kamis merupakan salah satu amalan sunah yang dianjurkan dan diajarkan oleh Rasulullah SAW pada seluruh umat Muslim di seluruh penjuru dunia. Karena keutamaan yang didapat sangatlah luar biasa, bahkan kita juga akan diberikah keberkahan dalam hidup.

Hal tersebut tercantum juga dalam hadits Nabi SAW yang diiriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah, dan Imam Ahmad. Dari Aisyah RA ia mengatakan: “Rasulullah SAW sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis.”

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah menyebutkan bahwa hari Senin dan Kamis merupakan hari diangkatnya amalan. Oleh karena itu, pada hari Senin dan Kamis disunahkan untuk melaksanakan puasa.

“Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa,” (HR. Tirmidzi)

Istimewanya puasa Senin Kamis juga tertulis dalam beberapa hadis. Berikut ini terdapat dua hadis yang menjelaskan tentang puasa Senin Kamis. Pertama, hadis dari sahabat Usamah. Nabi Muhammad SAW bersabda tentang keutaman Puasa Senin-Kamis.

Aku (Usamah) berkata pada beliau,“Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.”

Nabi lantas bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.” Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan kepada Allah, tentu aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan itu, waktu itu aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai)

Kedua, hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan terdapat juga dalam Shahih Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Itu tadi beberapa hadis yang menjelaskan tentang puasa Senin Kamis. Puasa Senin Kamis termasuk amalan sunah, namun untuk tata cara serta pelaksanannya sama dengan puasa Ramadhan. Hanya saja yang membedakan keduanya yaitu niat.

Pastinya dalam melakukan setiap ibadah harus diawali niat yang tulus dan pastinya karena Allah semata. Berikut ini terdapat bacaan niat puasa Senin Kamis, doa berbukan puasa hingga keutamaan dari puasa Senin Kamis yang perlu Anda tahu.

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

Bagi yang akan menjalankan puasa Sunnah senin kamis, berikut ini bacaan niat yang bisa Anda pahami sebelum mengamalkannya.

1. Niat Puasa Senin

Nawaitu shauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi taa’ala
Artinya: “Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Taala.”

2. Niat Puasa Kamis

Nawaitu shauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala
Artinya: “Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala.”

Doa Berbuka Puasa

Setelah matahari terbenam maka waktunya untuk berbuka puasa. Dan untuk mengawali buka puasa Anda jangan lupa untuk lebih dulu berdoa. Doa berbuka puasa ini diriwayatkan oleh Abu Daud. Adapun bacaannya sebagai berikut;

Dzahabazh zhoma-u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Artinya: “Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah.”

Selain doa di atas, ada juga doa berbuka puasa lainnya yang berbunyi berikut ini.

Allahumma laka shumtu wa’ala rizqika afthortu
Artinya: “Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku berbuka”

Sebagai pengingat, membaca doa puasa termasuk salah satu sunah yang perlu Anda amalkan sebelum berbuka puas Niat berpuasa Senin Kamis ini dianjurkan dilakukan malam hari atau sebelum terbit fajar. Namun karena puasa Senin Kamis ini termasuk amalan sunah, maka jika belum sempat membaca niat di malam hari, kamu boleh membacanya saat pagi hari.

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Sesungguhnya banyak kebaikan dan keutamana yang didapat dengan rajin mendirikan puasa Senin Kamis. Mengutip hadis Syekh Abu Zakariya Al-Anshori dalam karyanya, Fathul Wahhab. Di mana artinya:

Rasulullah SAW bersabda, “Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amal ku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa.” [HR Tirmidzi dan selainnya]

Diriwayatkan juga oleh Abu Hurairah, “Bahwasanya Nabi Muhammad lebih sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah setiap hari Senin dan Kamis, maka saya senang apabila amalan saya (pada hari tersebut) dan saya berpuasa pada hari tersebut.” [H.R. Ahmad]

Berikut ini terdapat keutamaan puasa Senin Kamis yang dianjurkan Rasulullah SAW.

1. Dibukanya Pintu Surga

Terdapat hadis yang menerangkan tentang keutamaan berpuasa Senin dan Kamis berbunyi: “Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

2. Hari Diangkatnya Amal

Senin Kamis ternyata merupakan hari di mana dilaporkannya amalan manusia kepada Allah SWT. Oleh karena itu, pada dua hari tersebut dianjurkan untuk kita melakukan puasa sunah.

Imam Tirmidzi meriwayatkan hadis bersumber dari Abi Hurairah, yang berbunyi sebagai berikut.

“Berbagai amalan dilaporkan (kepada Allah) pada hari Senin Kamis, maka aku suka apabila amalanku dilaporkan kala aku sedang menjalankan ibadah puasa.”

3. Senin Kamis Menjadi Hari Penting Rasul

“Dari Abu Qatadah r.a, yang maan sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya mengenai puasa Senin. Maka Rasul menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Sedangkan keistimewaan yang dimiliki oleh hari Kamis yaitu melalui Ka’ab bin Malik Radhiyallahu anhu mengatakan bahwa:

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk, dan (memang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari Kamis.” (HR. Al-Bukhari)

Berdasarkan tersebut dapat diambil kesimpulan, jika dua hari tersebut merupakan hari yang penting bagi Rasul. Di mana hari Senin adalah hari di mana Rasul dilahirkan, hari Rasul diutus menjadi nabi, dan hari pertama ketika Rasul menerima wahyu kali pertama.

Jadi tidak heran jika hari Senin sangat istimewa hingga seorang muslim disunahkan menjalankan puasa. Begitupun dengan hari Kamis, di mana Rasul sering melakukan perjalanan pada hari Kamis.

4. Kesabaran Diuji

Puasa Senin Kamis ternyata juga mampu melatih kesabaran kita dalam mengatur dan mengelola hawa nasfu. Oleh karena itu bagi mereka yang mendirikan puasa Senin Kamis, akan ada balasan yang sesuai di surga nanti.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *