5 Barang yang Harus Ada untuk Jemaah Calon Haji Indonesia, Kemenag: Dibagikan di Tanah Suci

Ilustrasi. Foto: Sada El balad Sada El balad
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id– Sebanyak 2.776 calon haji Indonesia telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebagai kelompok terbang (kloter) pertama dari Tanah Air. Setibanya di Arab Saudi, setiap anggota jemaah haji Indonesia langsung mendapatkan sejumlah barang pelengkap konsumsi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kepala Bidang Katering Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Beni Darmawan mengatakan, paket barang pelengkap konsumsi itu akan dibagikan paling lambat dua hari setelah tiba di Tanah Suci.

“Kelengkapan konsumsi seperti kopi, teh, gula, kecap, dan saus wajib produk Indonesia,” katanya dari Madinah, Arab Saudi, Sabtu (4/6).

Dilansir dari Antara, Beni mengungkapkan, petugas juga sudah mengecek langsung persiapan penyediaan konsumsi bagi jemaah calon haji Indonesia selama berada di Arab Saudi.

Menurutnya, ada 13 perusahaan katering di Kota Madinah yang akan menyediakan makanan bagi jemaah calon haji Indonesia.

Delapan perusahaan ditugasi menyediakan makan pagi dan siang dan lima perusahaan bertugas menyediakan makan malam.

Petugas pemerintah, lanjut Beni, mengawasi penyediaan makanan bagi jemaah calon haji Indonesia untuk memastikan makanan yang disiapkan layak dan aman dikonsumsi.

“Satu jam sebelum didistribusikan, penyedia katering harus memberikan sampel konsumsi ke daker (daerah kerja),” katanya.

Adapun tujuh kloter pertama jemaah calon haji asal Indonesia tiba di Kota Madinah hari ini. Mereka akan tinggal paling lama sembilan hari di Madinah untuk menunaikan ibadah di Masjid Nabawi.

Beni mengatakan, setiap satu kloter yang tiba di hotel pada siang hari akan mendapat makan siang dan enam kelompok terbang yang datang sesudah waktu makan siang, akan mendapat makan malam.

 

 

 

Seperti diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, pemerintah Indonesia secara resmi mulai memberangkatkan jemaah calon haji 2022 pada hari ini, Sabtu, yang terbagi dalam 7 kloter pemberangkatan.

Kloter pertama pemberangkatan haji 2022 dari DKI Jakarta dengan total jumlah 393 calon haji. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melepas kloter pertama jemaah haji 2022 yang melalui Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 01) di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

Gus Men, panggilan akrabnya, memberikan sejumlah pesan kepada 393 anggota jemaah haji asal DKI Jakarta yang akan berangkat ke Tanah Suci.

“Ditata kembali niatnya ke tanah suci ini untuk beribadah, untuk melaksanakan rukun islam yang kelima. Menyempurnakan keislaman kita,” papar Menag Yaqut dikutip dari situs resmi Kemenag.

“Niat kita ke tanah suci ini ibadah. Tidak ada yang lain-lain,” sambungnya.

Menag Yaqut juga menegaskan, jemaah haji 2022 akan didampingi para petugas yang sudah disiapkan.

Petugas-petugas itu meliputi pendamping kloter dan yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Selama perjalanan dan pelaksanaan ibadah haji, tiap kloter disertai empat petugas yang terdiri dari satu orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), satu orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), serta dua orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

“Semua ini disiapkan untuk membantu para jemaah dalam pelaksanaan ibadah agar lancar,” jelas Menag Yaqut.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *