Ancaman Krisis Pangan, Jokowi Minta Warga Menanam Kebutuhan Pokok

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id– Dunia saat ini tengah berada dalam ancaman krisis pangan. Hal itu disebabkan karena pandemi Covid-19 yang terus meluas di negara lain. Kemudian terjadinya perang Ukraina-Rusia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat Indonesia jangan lengah. Menurutnya, warga justru harus bangkit dan mengambil kesempatan dengan menanam bahan pokok secara mandiri.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Saya mengajak kita semuanya untuk menanam tanaman-tanaman yang menghasilkan bahan pangan pokok. Saudara-saudara bisa ditanami, silakan tanami padi silakan, benar. Mau ditanami apa lagi yang pangan? Jagung? Silakan,” kata Jokowi, dikutip dari Sekretariat Presiden, Kamis (9/6/2022).

Jokowi menyampaikan bahan pokok yang ditanam tak harus padi. Dia menyebut masyarakat bisa menanam porang, jagung, sorgum, dan tanaman lainnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berkata pemerintah siap menyediakan lahan untuk pertanian sosial. Dia memerintahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar untuk memfasilitasi rakyat.

Jokowi meminta Siti mendata lahan-lahan yang tak terpakai selama ini. Dia ingin semua lahan digunakan secara produktif.

“Jangan sampai kita biarkan ada lahan yang telantar, ada lahan yang tidak produktif, benar? Ada lahan yang tidak digunakan apa-apa dibiarkan, nggak boleh. Semuanya harus produktif,” tuturnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *