Wamenag Terima Kritik DPR Demi Perbaikan Pelaksanaan Haji 2023

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Pelaksanaan ibadah haji 2022 telah selesai. Namun, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memberikan sejumlah kritik terkait pelaksanaan haji pada tahun ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Wakil Menteri Agama yang juga Wakil Ketua Dewan Penasihat Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, (PP IPHI), Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan menerima kritik tersebut agar pelaksanaan haji di tahun mendatang lebih baik lagi.

“Semua masukan akan kami olah kembali, kami akan terima sebagai masukan-masukan yang pasti untuk perbaikan pelaksanaan haji 2023 yang akan datang,” kata Zainut saat ditemui usai peluncuran program inkubasi wakaf produktif, di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta Utara, Senin (25/7) malam.

Menurutnya, pelaksanaan ibadah haji tahun ini sudah berjalan dengan baik. Gelombang pertama sudah bergerak untuk kembali ke Indonesia.

“Alhamdulillah penyelenggaraan ibadah haji sudah berjalan dengan baik, lancar, dan sekarang ini puncak haji sudah berjalan tinggal dua tahap, ada yang gelombang pertama itu bergerak untuk pemulangan ke Indonesia ke tanah air, sementara gelombang kedua sudah bergerak menuju Madinah. Tentunya nanti mereka secara bertahap akan kembali ke tanah air,” kata Zainut.

Ia berharap para peserta ibadah haji dapat tetap menjaga kesehatan, mengingat kasus covid-19 di Indonesia kembali meningkat.

“Kami harap mereka selama melaksanakan ibadah di tanah suci tetap menjaga kesehatannya, apalagi sekarang di tanah air juga semakin meningkat terkait dengan pandemi kita. Mudah-mudahan mereka juga tetap menjaga kesehatan mereka setelah nanti tiba di tanah air,” tutupnya.

Sebelummya, Komisi VIII DPR RI menyoroti sejumlah kekurangan dalam evaluasi haji 2022. Mulai dari soal besarnya uang yang harus disetorkan pemerintah kepada Arab Saudi hingga ketersediaan fasilitas pendukung. DPR mendorong pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi membentuk satgas musim haji 2023.

Ketua Komisi VIII Yandri Susanto menjelaskan nantinya dengan melakukan evaluasi, pelaksanaan haji berikutnya akan lebih rapih, tertib, terkoordinasi dan hal yang tidak diinginkan pun tidak terjadi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *