Melihat Lebih Dekat Proses Pergantian Kiswah Ka’bah

Pergantian Kiswah Ka'bah
Pergantian Kiswah Ka'bah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Yaitu mengizinkan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Prof Hilman Latief, untuk menyulam kiswah pada kalimat ‘Allahu Akbar’. Kalimat itu adalah bagian kiswah yang diletakkan di atas hajar aswad.

Momentum itu terjadi saat Hilman bersama beberapa pengurus Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan Media Center Haji (MCH) menyambangi pabrik pembuatan kiswah di Makkah, Rabu (27/7).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ada 220 teknisi dan perajin yang terlibat dalam pembuatan kiswah di pabrik tersebut. Kiswah diproduksi dengan bahan paling mahal di dunia. Setiap tahun biaya yang dikeluarkan sekitar 25 juta riyal (Rp 100 miliar).

Sebab kiswah terbuat dari dari 760 kg sutra dari Italia, 120 kg emas dan 100 kg perak dari Jerman. Proses pengerjaannya dalam rentang waktu 8-10 bulan.

Penulis kaligrafi Majma’ Malik Abdul Aziz, Syekh Mukhtar Alam, menjelaskan khat yang digunakan untuk menulis di kain kiswah adalah jenis tsulutsi dengan besaran dan bentuk beda-beda.

“Khat ini membantu para penulis untuk berkreasi lebih bebas, bisa menyesuaikan dengan tempat, bisa lebih besar atau kecil,” jelas Syekh Mukhtar Alam.