Inilah 3 Amalan Bulan Muharram sesuai Sunnah, Penghapus Dosa dan Penolong di Hari Kiamat

Amalan Bulan Muharram
Amalan Bulan Muharram
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



2. Dilarang Berperang

Berkaitan dengan Bulan Muharram yang di mana ada Hari Asyura di dalamnya, disebutkan bahwa bulan tersebut adalah bulan mulia dan suci. Hal itu sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. At-Taubah ayat 36.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus..” (QS. At-Taubah: 36).

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan, yang dimaksud empat bulan haram adalah bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram (tiga bulan ini berurutan), dan Rajab. Pada bulan-bulan ini, masyarakat Arab dilarang berperang karena disucikannya keempat bulan tersebut. Oleh karena itu, ia juga dinamakan Syahrullah Asham, yang artinya Bulan Allah yang Sunyi karena larangan berperang itu.

3. Banyak Sedekah dan Santuni Anak Yatim

Selain anjuran berpuasa dan larangan berperang, umat Muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak sedekah di bulan Muharram. Khususnya sedekah dalam bentuk menyantuni anak yatim.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *