Fakta Menakjubkan Muhammad Al Fatih

Muhammad Al Fatih
Muhammad Al Fatih
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq

1. Muhammad al Fatih keberadaanya telah disebutkan oleh Baginda Rasulullah ﷺ dengan sabdanya, “pemimpin terbaik adalah yang membuka Konstantinopel.”

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

2. Muhammad Al Fatih menyakini sedari kecil bahwa kota Konstantinopel akan ditaklukkan olehnya. Hal ini berkat dari motivasi yang selalu ditanamkan oleh orang tua dan juga oleh guru-gurunya.

3. Sabda Nabi ﷺ yang paling menginspirasi pemimpin legendaris ini adalah hadits : “Allah menjanjikan bahwa Islam akan menguasai bumi dari Timur sampai Barat”.

4. Beberapa pemimpin besar yang diantaranya adalah termasuk dari orang tua dan kakek-kakeknya telah memulai upaya pembukaan Konstantinopel namun tidak berhasil.

Mulai dari Abu Ayyub Al Anshari, Maslamah bin Abdul Malik, Khalifah Harun al-Rasyid, Sultan Beyazid 1, dan Sultan Murad II.

5. Beliau menjadi sultan di usia 12 tahun dan menaklukkan Konstantinopel pada usia 21 tahun.

6. Muhammad Al Fatih adalah anak dari Sultan Murad II, seorang pemimpin yang dikenal shalih dan adil.

7. Sultan Murad II gagal menaklukkan Konstantinopel dan berjanji bahwa anaknya lah yang akan menaklukkannya. Oleh karenanya, ia mempersiapkan al Fatih dengan mencarikan guru terbaik untuk mendidiknya.

8. Muhammad Al Fatih hafal Al Quran pada usia 8 tahun. Dan hobinya adalah mempelajari sirah Nabawiyah.

9. Beliau banyak belajar kepemimpinan dan strategi perang dari sejarah Nabi ﷺ dan shahabatnya. Kisah- kisah heroik para shahabatlah yang turut menginspirasinya untuk menjadi penakluk Konstantinopel.

10. Muhammad al Fatih menguasai 8 bahasa diantaranya adalah bahasa Arab, Perancis, Yahudi, Urdu, dll.

11. Muhammad Al Fatih mengandalkan shalat tahajud dan rawatib untuk menjaga kedekatannya dengan Allah dan agar mendapatkan pertolongan dalam penaklukkan Konstantinopel.

12. Beliau menyeleksi dari para tentaranya yang memiliki mental baja dan semangat juang terbaik, diantara standarnya tidak pernah tertinggal shalat shubuh berjama’ah.

13. Allah memberikan pertolongan dengan dihadirkannya seorang pemuda yang mempersembahkan kepada al Fatih sebuah senjata yang sangat ampuh kala itu. Yakni meriam.

14. Konstantinopel akhirnya berhasil direbut, dengan perjuangan panjang dan peperangan dahsyat. Setelah masa penantian panjang muslimin selama 850 tahun.

15. Konstantinopel sudah takluk. Tinggal-lah kini tugas kita untuk membuka Roma. Dan ini adalah jatah kita. Mari berlomba menjadi ayah dan ibu atau pendidik yang akan melahirkan al Fatih ke-dua.

Semoga menginspirasi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *