Tafsir Al-Quran Surat Al-Jatsiyah Ayat 12-15: Perilaku Utama Orang yang Beriman

Tafsir Al-Quran Surat Al-Jatsiyah Ayat 12-15
Prof. Dr. KH Didin Hafidhuddin, Anggota Dewan Penasihat Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI. Foto: ist
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Menjawab pertanyaan sejauh apa kita boleh melaknat orang yang jelas-jelas amat dzalim terhadap makhluq ciptaan Allah. Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk menolong yang didzalimi dan berbuat dzalim. Menolong orang yang didzalimi tentu sudah jelas. Menolong orang yang berbuat dzalim adalah mencegah mereka untuk tidak melakukannya. Kita tidak diperintah untuk hanya mampu melaknat mereka saja, tapi harus mengandung unsur tausiyah, memberikan nasehat kepada mereka itu, agar tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Menjawab pertanyaan apakah sabar itu adalah diam saja pada kebatilan atau kerusakan yang dilakukan oleh pemimpin? Tidak begitu. Sabar bukan diam, tapi sabar dalam berdakwah dama mengingatkan mereka. Melakukan kebaikan dalam mengingatkan mereka tidak hanya sekali, tapi berkali-kali dan dilakukan secara sabar. Kita diperintah untuk mencegah kebatilan atau kemungkaran dengan cara yang baik. Allah SWT akan bersama dengan orang-orang sabar. Kita harus percaya hal itu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bagaimana mengubah cara pandang masyarakat agar paham tentang politik islam dan pentingnya membangun perdaban yang islami? Kita perlu terus melakukan kajian dan mempraktikkan politik islam yang baik, bukan politik uang, bukan politik fitnah dan adu domba. Politik yang islami bukan politik kotor, tapi politik untuk kemaslahatan ummat, yang bervisi besar untuk pembangunan peradaban bangsa.

Mari kita tutup pengajian kita dengan doa kiffarat majelis. “Subhaanaka allahumma wa bihamdika. Asy-hadu an(l) laa ilaaha illaa anta. Astaghfiruka wa atuubu ilaika”. Demikian catatan ringkas ini. Silakan ditambahi dan disempurnakan oleh hadirin yang sempat mengikuti Ta’lim Bakda Subuh Professor Didin Hafidhuddin tersebut. Terima kasih, semoga bermanfaat. Mohon maaf jika mengganggu. Salam. Bustanul Arifin

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *