Waduh! Isi Bensin Sampai Full Tank Ternyata Bisa Bikin Rugi, Ini penjelasannya

Isi Bensin Sampai Full Tank
Isi Bensin Sampai Full Tank, Foto: unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Supaya tidak lagi bolak-balik mengantre untuk mengisi bensin, pengendara kendaraan kerap kali membeli bahan bakar dengan full tank atau tangki penuh.

Apalagi bagi yang terbiasa bepergian jauh. Pilihan full tank ketika mengisi bensin kendaraan, selalu menjadi pilihan Terbaik karena dinilai lebih efisien.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tentu tidak ada salahnya ketika mengisi full tank pada kendaraan. Namun hal yang dinilai lebih efisien ini ternyata banyak ruginya.

Dilansir dari Suzuki Indonesia, ketika mengisi bensin perhatikan nozzle saat dimasukan ke lubang tangki sepeda motor.

Saat bensin mengalir ke dalam tangki, kerap kali didapati nozzle mendadak berhenti sendiri dan terdengar bunyi flop.

Hal ini merupakan tanda bahwa pengisian tangki sudah penuh dan bensin tidak perlu ditambahkan lagi, agar tetap ada ruang kosong (space) yang tersisa pada tangki.

Lalu apa manfaat menyisakan sedikit ruang di tangki bensin? Simak penjelasan dari Suzuki Indonesia ini untuk mengetahui alasan kenapa tidak perlu mengisi bensin hingga luber-luber keluar tangki.

Bensin dapat terhisap kembali oleh mesin SPBU

Bensin yang sudah mengalir dari selang nozzle ke tangki kendaraan, ternyata bisa terhisap lagi ke tangki SPBU. Hal ini terjadi karena mesin pengisian bahan bakar telah dilengkapi dengan penghisap uap bensin modern.

Selang nozzle ternyata bisa mendeteksi bensin yang masuk ke tangki kendaraan sudah penuh, sehingga dengan otomatis akan menyedot kembali uap bensin yang luber dari lubang tangki.

Artinya bensin yang sudah masuk ke tangki kendaraan dan sudah dibayar malah terbuang percuma dan kembali ke tangki SPBU. Alih-alih mengirit, pengguna kendaraan malah membayar bensin yang kepenuhan tadi dengan percuma.

Tidak ada ruang kosong pada tangki

Setiap tangki bensin kendaraan memiliki lubang yang berfungsi untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan ketika bensin berada di dalam tangki.

Saat tangki bensin kepenuhan, tidak ada lagi ruang yang tersisa sama sekali. Jadi gas yang seharusnya keluar dari lubang malah kembali melewati selang tangki SPBU.

Dengan kata lain bensin yang sudah diisi penuh tadi hanya akan terbuang percuma dan tidak terpakai.

Dapat mencemari lingkungan

Uap bensin yang tumpah ketika mengisi bensin hingga luber ke luar tangki akan merugikan kesehatan dan menyumbang polusi udara.

Apalagi jika bensin tersebut malah tumpah-tumpah, tak hanya jadi boros karena harus membayar bensin yang terbuang percuma, hal ini juga dapat mencemari lingkungan.

Untuk menjaga hal ini terjadi, sudah seharusnya pengguna sepeda motor tidak lagi menyuruh petugas SPBU untuk terus mengisi tangki, ketika selang sudah berhenti dan terdengar bunyi flop.

Isilah secukupnya, jangan berlebih dan jangan pula membiarkan tangki bensin menjadi kosong. ***

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *