Pesta Rakyat Dewa 19, Sebuah Catatan dari JIS

Pesta Rakyat Dewa 19
Pesta Rakyat Dewa 19
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Pertama adalah jumlah kantong parkir. Saat “Hajatan Jakarta” 2022, kantong parkir yang tersedia cukup banyak. Tidak hanya dua. Kemudian, jumlah shuttle yang siap mengangkut penumpang juga tersedia cukup banyak. Bahkan, bus sekolah pun waktu itu sampai diperbantukan untuk mengangkut penonton dari kantong parkir.

Jadi, masalah mitigasi transportasi penumpang ini yang sepertinya kurang dipesiapkan EO “Pesta Rakyat”. Bila dilakukan dengan baik dan memadai, termasuk dengan menghitung jumlah penonton dan armada yang diperlukan, rasanya tidak akan ada keluhan penonton yang tidak terangkut. Itu masalah ketersediaan shuttle.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dari awal Anies Baswedan merencanakan JIS, transportasi utama menuju stadion ini memang dirancang menggunakan transportasi umum, bukan kendaraan pribadi. Tujuannya untuk mengurangi emisi dari kendaraan pribadi yang jumlahnya terlalu banyak. Hal ini bisa dilihat di Youtube Dari Pendopo Anies Baswedan.

Kedua masalah sound system di acara yang kualitasnya kurang optimal. Lagi-lagi, ini jadi tantangan besar, karena jumlah audience besar. Sound system untuk penonton sebanyak 75 ribu orang, tentu tidak bisa disamakan dengan sound system untuk penonton 25 ribu orang apalagi hanya belasan ribu orang.

Tingkat kerumitannya jauh lebih besar dibanding menyiapkan tata lampunya. Sound engineer dalam konser dengan penonton akbar, harus bisa bekerja ekstra agar suranya bisa maksimal, tidak terjadi delay, dan juga terkirim dengan kualitas terbaik. Masalah ini sepertinya juga tidak diperhitungkan dengan matang.

Test sound saat stadion masih sepi belum ada penonton, tentu tidak bisa disamakan saat 75 ribu penonton memadati stadion yang menciptakan noise karena teriakan yang bersahutan. Hal ini juga yang membuat sebagian penonton tidak merasakan sensasi sound system yang menggelegar, karena jaraknya terlalu jauh dari tempat sound system berada.

Di masa depan, EO acara konser di JIS harus memperhitungkan dengan matang kedua masalah ini. Tujuannya agar penonton terlayani dengan secara optimal dan mendapatkan pengalaman menonton konser yang terbaik. Sebab, secara konsep JIS yang dibangun di era Gubernur Anies Baswedan memang dirancang untuk menjadi stadion multifungsi. Tidak hanya bisa digunakan untuk pertandingan olahraga, tapi juga acara lain seperti konser musik, hingga acara sosial-keagamaan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *