17 Keutamaan Menikahi Janda Dalam Islam Dapat Memperoleh Pahala Berlipat

Keutamaan Menikahi Janda
Keutamaan Menikahi Janda
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



“Aku pernah menikahi seorang wanita di masa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu aku bertemu dengan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau pun bertanya.”

“Wahai Jabir, apakah engkau sudah menikah?” tanya Rasulullah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Iya sudah.”

“Yang kau nikahi gadis ataukah janda?”

Aku pun menjawab, “Janda.”

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Kenapa engkau tidak menikahi gadis saja, bukankah engkau bisa bersenang-senang dengannya?”

Aku pun menjawab, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku memiliki beberapa saudara perempuan. Aku khawatir jika menikahi perawan malah nanti ia sibuk bermain dengan saudara-saudara perempuanku.”

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Itu berarti alasanmu. Ingatlah, wanita itu dinikahi karena seseorang memandang agama, harta, dan kecantikannya. Pilihlah yang baik agamanya, engkau pasti menuai keberuntungan.”

9. Sebagai sumber rezeki

Niat baik tentu akan membawa ke jalan yang baik pula. Menikahi janda dengan niat yang baik tentu akan Allah Subhanahu wa Ta’ala angkat derajatnya dan melapangkan rezekinya.

10. Sumber keberkahan

Dalam Alquran Surat An-Nur Ayat 32 dijelaskan jika menikahi janda bisa menjadi salah satu sumber keberkahan.

“Kawinkanlah orang-orang yang masih lajang di antara kalian, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari budak-budak lelaki dan budak-budak perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya.” (QS An-Nur: 32)

11. Menjaga kehormatan

“Ada tiga orang yang dijamin oleh Allah untuk membantunya: Mujahid fi sabilillah, orang yang menikah karena menjaga kehormatan dirinya, dan budak yang hendak menebus dirinya untuk merdeka.” (HR An-Nasa’i nomor 3133, Turmudzi: 1756, dan dihasankan Al Albani)

12. Mengajarkan bertanggung jawab

Seorang pria yang telah siap menikah tentu akan memiliki kesadaran diri agar bisa bertanggung jawab, entah nantinya ia menikah dengan janda maupun gadis.

13. Kewajiban membimbing

Menikahi seorang janda yang sholehah tentu akan menjadikan seorang pria berusaha menjadi lebih baik lagi. Sehingga, ia akan terus belajar agar bisa membimbing sang istri.

14. Memunculkan rasa peduli antarumat

Secara tidak langsung ketika menikahi janda Muslim maka akan timbul perasaan kepedulian antar-sesama untuk saling membantu.

15. Bisa lebih sabar

Sudah menjadi rahasia umum jika janda sering dikait-kaitkan dengan hal-hal bernuansa negatif. Hal ini tentu membuat pria yang menikahi janda belajar untuk bisa lebih sabar.

16. Meringankan beban

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, dengan menikahi seorang janda maka Anda telah meringankan beban para janda. Mulai dari beban mental karena gunjingan orang, hingga beban dalam mengurus rumah tangga dan anak-anak.

17. Tahu arti kehidupan

Dalam kehidupan pernikahan biasanya akan diwarnai dengan perasaan saling berbagi, melindungi, dan saling melengkapi. Hal ini akan membuat setiap pasangan merasa bersyukur dan tahu akan arti kehidupan.

Itulah pembahasan mengenai 17 keutamaan menikahi janda di dalam Islam

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *