Keindahan Masjid Agung Sheikh Zayed Solo, Lengkap Dengan 82 kubah ala Maroko

Keindahan Masjid Agung Sheikh Zayed Solo
Masjid Agung Sheikh Zayed Solo
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idMasjid Sheikh Zayed Solo memiliki 82 kubah bergaya Maroko dan menjadi salah satu masjid yang paling menarik untuk wisata religi.

Tahun lalu Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bersama Presiden Uni Emirat Arab (PEA) Mohamed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) meresmikan Masjid Sheikh Zayed Solo di Jawa Tengah, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin resmi membuka masjid tersebut pada Selasa (28/2/2023) dan publik dapat mengunjunginya mulai Rabu 1 Maret 2023.

Masjid Sheikh Zayed Solo adalah replika dari Masjid Agung Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Masjid yang disumbangkan oleh MBZ sedang dibangun mulai Maret 2021.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Masjid Sheikh Zayed dibangun dua lantai, dan luas bangunan utama masjid sekitar 8.000 meter persegi, dan luas total 10.000 meter persegi. Masjid ini dilengkapi dengan ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi, dan ruang bawah tanah untuk wudhu bagi pria dan wanita.

Sesuai dengan permintaan Pangeran Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nahyan, pembangunan masjid ini akan dibuat mirip dengan yang ada di Abu Dhabi. Termasuk pada bagian lantainya, menggunakan marmer yang didatangkan langsung dari Italia.

Masjid dengan dominasi warna putih ini begitu megah, dirancang memiliki 4 menara dan 1 kubah utama. Total masjid ini memiliki 82 kubah bergaya Maroko yang dihiasi batu pualam putih. Tiang-tiang penyangga masjid juga berwarna berwarna putih, diberi sedikit aksen warna emas.

Arsitektur dalam bangunannya memang dibuat semirip mungkin dengan Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA dengan sentuhan ornamen khas Timur Tengah.

Salah satu yang menjadi ciri khas Indonesia pada bangunan masjid ini adalah karpetnya yang membentang luas di bagian dalam masjid, bermotif batik. Di atas karpet itu terdapat motif batik dengan gambar kembang, bunga, rerumputan hijau. Warnanya terdiri dari coklat, hijau, hingga biru.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *