Luhut Panjaitan Akan Terpental

Luhut Panjaitan Akan Terpental
Luhut Panjaitan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Sutoyo A

Hajinews.id – Koreografer perancang komposisi tari supaya jadi pola gerakan yang terstruktur. Koreografer politik merancang dan merekayasa proses kerja politik bergerak sesuai aransemen dan tujuannya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Presiden di Indonesia adalah Jokowi tetapi nampak jelas koreografer nya adalah Luhut Binsar Panjaitan ( LBP ). Kata lain panggung politik dalam kuasa dan genggamannya.

LBP sangat memahami bahwa Jokowi sangat lemah bahkan nyaris tak punya kapasitas, kapabilitas dan integritas dan pengalaman yang memadai untuk mengendalikan dinamika politik skala nasional yang cukup pelik da rumit.

Untuk tugas tersebut harus rela menyerahkan kekuasaannya pada LBP.  Apologi yang dibangun untuk menutupi kelemahan dirinya membela diri semua yang dilakukan LBP akan akan menjaga dan melestarikan kekuasaannya.

Diduga kuat  semua kebijakan Jokowi tidak bisa lepas atas arahan LBP. Celakanya Indikasi arah politik LBP  atas remote Taipan ( Oligarki ).

LBP sangat percaya diri bisa memelihara pimpinan Parpol menjadi koalisi gemuk dalam Kabinet Jokowi Indonesia Maju.

Kasus hukum dijadikan alat tawar (bargaining) untuk memaksa pimpinan parpol harus merapat berkoalisi dengan kekuasaan dan harus menjalankan komando perintahnya.

Angan angan   LBP ingin menguasai panggung politik kekuasaan untuk selama mungkin, kalau bisa seumur hidup. Kekuasaan adalah kenikmatan tiada tara yang sudah lama diimpikan LBP  dan kini sudah ada dalam genggamannya.

LBP terus berlindung dalam legalitas hirarki  kekuasaan bahwa semua komando perintahnya atas persetujuan Presiden.

Sehingga  meskipun bukan ketum partai , terbukti mampu mengendalikan  memimpin parpol-parpol koalisinya dengan digdaya

Sejak awal terkait pencapresan dan pertahanan kekuasaannya, Jokowi  mendelegasikan  tugasnya kepada  LBP, bebas berimprovisasi  membayangi, mengarahkan, mengendalikan dan menentukan Capres pada Pilpres 2024.

Ketika kondisi kekuasaan dalam bahaya opsi perpanjangan masa jabatan dengan segala cara atau rekayasa harus dijalankan.

Luhut menjadi penguasa sesungguhnya di pemerintahan Jokowi. Sepintas tampak kerja politik LBP ada di mana-mana. Nampak sangat jumawa dan digdaya.

Hanya dalam perjalanannya terlihat kemudian, LBP mulai sempoyongan tak sepenuhnya menguasai panggung politiknya

Luhut tidak bisa mengendalikan Megawati. Bahkan Luhut sesungguh musuh besar Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri sejak lama. Sebagaimana Surya Paloh, Megawati pun menentang keinginan Jokowi merekrut Luhut ke dalam kabinetnya sejak awal pembentukan kabinet pada 2014.

Sejak awal LBP sudah dalam pantauan Megawati dan Surya Paloh, bahwa LBP tokoh yang sangat ambisius dan berdua meyakini Jokowi tidak akan kuat menahan pengaruh LBP.

Wajar kebencian Megawati terhadap LBP kian mengkristal karena Jokowi ternyata lebih patuh pada Luhut ketimbang dirinya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *