Ustadz Adi Hidayat: Salat Tarawih Nabi Muhammad SAW 11 atau 23 Rakaat? Ini Penjelasannya

Salat Tarawih Nabi Muhammad SAW
Ustadz Adi Hidayat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idRamadan merupakan salah satu bulan yang dinanti-nanti umat Islam untuk berpuasa sepanjang bulan. Selain puasa, umat Islam di seluruh dunia melakukan Salat Tarawih dan Witir pada malam hari di bulan Ramadan setelah Salat Isya.

Meskipun telah dilakukan sejak zaman Nabi Muhammad SAW hingga saat ini, tidak sedikit perdebatan yang muncul karena banyaknya rakaat dalam melaksanakan Salat tarawih.

Ustadz Adi Hidayat menyampaikan jumlah rakaat Salat tarawih dan witir sesuai amalan Nabi Muhammad SAW seperti yang diriwayatkan oleh Aisyah R.A.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Saya tidak pernah melihat Rasulullah SAW di Ramadan atau diluar Ramadan melakukan salat malam selain dari 11 rakaat,” ujar Adi dikutip dari akun YouTube Ceramah Pendek, Kamis (23/3/2023).

Adi mengatakan bahwa salat Tarawih dengan 11 rakaat yang dilakukan oleh Rasulullah SAW itu terdiri dari 10 rakaat salat Tarawih dan 1 rakaat salat Witir. Untuk 10 rakaat salat Tarawih tersebut dilakukan dengan hitungan 2+2+2+2+2, dalam artian 5 kali dengan 2 rakaat.

Adapun rumus lain yang disampaikan Ustadz Adi Hidayat menurut hadist riwayat Muslim no 738, yakni 4+4+3 yang sama jumlahnya menjadi 11.

“Rasulullah SAW menunaikan salat malamnya, 4 rakaat jangan tanyakan bagus dan panjangnya, kemudian salat lagi 4 rakaat, jangan tanya bagus dan panjangnya, setelah itu beliau menunaikan 3 rakaat witir,” ujarnya.

Menurut hadist ini, Rasulullah melaksanakan salat Tarawih 2 kali 4 rakaat, kemudian ditutup dengan salat Witir 3 rakaat. Namun, bisa saja salat Tarawihnya dikerjakan sebanyak 4 kali 2 rakaat (2+2+2+2) dan salat Witirnya 3 rakaat.

Kemudian berdasarkan keterangan sahabat Rasulullah Umar Bin Khattab yang dikuatkan dengan Usman bin Affan meriwayatkan, Rasulullah pernah menunaikan salat Tarawih dengan 20 rakaat dengan 3 witir.

“Bahkan, nanti ada yang sampai 36, ada yang sampai 40, kalau di atas 11 maka rumusnya tidak menggunakan 4+4 tetapi 2+2,” jelasnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *