Selain Mentimun dan Pepaya, Ini 7 Bahan Alami yang Bisa Menurunkan Asam Lambung Tinggi

Bahan Alami yang Bisa Menurunkan Asam Lambung Tinggi
Mentimun dan Pepaya
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Banyak faktor yang mempengaruhi asam lambung tinggi. inilah 7 bahan alami yang efektif menurunkan asam lambung tinggi.

Peningkatan jumlah asam lambung disebabkan oleh banyak faktor, seperti stres, makanan pedas, dan makanan berlemak.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Setiap orang pasti merasa tidak nyaman ketika kadar asam lambung naik. Tentu penderita mengalami beberapa gejala, seperti mulut masam, kembung, mual, dada terasa panas, dan nyeri di perut. Meski bisa menyerang siapa saja, Anda bisa meminimalkan risiko naiknya asam lambung dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Namun, jika Anda sudah terlanjur mengalami asam lambung, Anda bisa minum obat untuk meredakannya. Setahu saya, obat asam lambung cukup banyak dijual di apotek dan toko ritel modern.

Pilihan lainnya adalah mengonsumsi obat-obatan herbal untuk menetralkan kadar asam di lambung. Cukup banyak obat herbal yang efektif sebagai antasida

Obat herbal untuk asam lambung

Belakangan obat herbal tengah jadi idola masyarakat. Mereka lebih senang mengonsumsi obat herbal karena dipercaya lebih aman dan minim efek samping.

Selain itu, obat herbal juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita.

Berikut obat herbal yang dipercaya ampuh meredakan asam lambung Anda.

1. Lidah buaya

Melansir dari Kompas.com, lidah buaya efektif meredakan asam lambung. Berdasarkan penelitian sari lidah buaya yang dimurnikan dan dihilangkan warnanya ampuh meredakan gejala asam lambung.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 lalu. Jus lidah buaya efektif mengurangi gejala naiknya kadar asam lambung.

Perlu Anda ketahui, penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi lidah buaya sebagai obat herbal asam lambung. Alasannya, lidah buaya memiliki efek memperkuat efek pengobatan diabetes yang menimbulkan rendahnya gula darah.

2. Temulawak

Mengutip buku berjudul Khasiat & Manfaat Temulawak: Rimpang Penyembuh Aneka Penyakit karya Efi Afifah, temulawak mengandung kurkumin, minyak asiri, pati, selulosa, dan mineral yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat temulawak sebagai tanaman herbal adalah sebagai obat maag. Temulawak mengandung selulosa yang membantu proses pencernaan.

Tidak hanya itu, temulawak juga mengandung flavanoid dan kurkumin yang berperan menangkap radikal bebas serta melindungi mukosa (dinding) lambung.

Berikut bahan dan cara membuat obat herbal temulawak untuk obat maag

Bahan

  • Temulawak 30 gram
  • Kencur 30 gram
  • Lengkuas 30 gram
  • Adas 1 sendok teh
  • Kapulaga 4 butir
  • Air 600 cc
  • Gula aren secukupnya

Anda kupas temulawak, kencur, dan lengkuas sampai bersih. Kemudian, Anda potong rempah-rempah tersebut.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *