7 Amalan Sederhana dan Pahala Besar Setara Umrah dan Haji

Amalan Sederhana Setara Umrah dan Haji
Amalan Sederhana Setara Umrah dan Haji
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idHaji merupakan rukun Islam yang kelima. Setiap Muslim harus melakukan haji setidaknya sekali dalam hidup mereka jika mereka mampu menunaikannya.

Pahala yang luar biasa dan dahsyat menanti setiap Muslim yang hajinya diterima.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Diriwayatkan dari Abu Hurairah (RA), Nabi Muhammad SAW bersabda, “Umrah adalah penebus dosa yang dilakukan antara itu dan yang sebelumnya. Dan pahala Allah untuk haji mabrur (ziarah yang disetujui) tidak lain adalah surga. (Al-Bukhari)

“Barangsiapa yang menunaikan haji tanpa melakukan pelanggaran apapun, maka kembali [bebas dari dosa] ke hari ibunya melahirkannya.” (Al-Bukhari)

Menurut hadits-hadits ini, pahala menunaikan haji adalah janji surga dan penghapusan semua dosa Anda, sehingga Anda bebas dari dosa seperti hari Anda dilahirkan.

Sementara kita harus menunggu sampai akhirat baru masuk surga, kita bisa menuai manfaat haji yang kedua dalam hidup ini yaitu ampunan atas segala dosa kita yang lalu.

Orang beriman harus selalu mencari ampunan Allah dengan optimisme. Dan masih banyak cara untuk mendapatkan manfaat haji yang sama tanpa harus meninggalkan kampung halaman.

Berikut adalah 7 amalan untuk mendapatkan pahala atau ganjaran yang sama dengan haji:

1. Ingat Allah Dari Subuh sampai Matahari Terbit

Diriwayatkan dari Anas ibn Malik (RA), Rasulullah (SAW) bersabda:

“Barangsiapa yang salat Subuh berjamaah, kemudian duduk mengingat Allah sampai matahari terbit, kemudian berdoa dua rakaat, akan mendapat pahala yang setara dengan haji dan umrah.” (Tirmidzi)

Beberapa ulama juga menyarankan agar seorang wanita dapat berdoa di rumah dan melakukan tindakan yang sama seperti yang ditentukan dalam hadits untuk menerima pahala yang sama atau setara.

Memang menggoda untuk salat subuh lalu kembali tidur, tapi tinggal beberapa menit lebih lama untuk berzikir sambil menunggu salat Isyraq (salat subuh) akan memberi kita pahala haji dan umrah yang luar biasa.

2. Mengikuti salat berjamaah di mesjid

“Barangsiapa yang berwudhu di tempat tinggalnya kemudian keluar untuk menunaikan shalat wajib di masjid, maka ia mendapat pahala yang setara dengan haji,” sabda Nabi Muhammad SAW.

“Pahala untuk melakukan [wajib] salat subuh (Duha) setara dengan pahala untuk melakukan umrah.” (Abu Dawud)

Allah telah memberi kita cara untuk dengan mudah mencari rahmat-Nya, terlepas dari keuangan kita.

3. Menunaikan Salat Jumat

Diriwayatkan dari seorang Sahabat bernama Said bin al-Musayyib, “salat Jumat lebih saya cintai daripada haji Nafl.”

Hanya Allah yang mengetahui pahala yang pasti untuk shalat Jumat.

Tetapi fakta bahwa seorang sahabat Nabi (SAW) lebih memilihnya daripada melakukan haji tambahan berbicara banyak tentang pentingnya hal itu.

4. Menunaikan Salat Idul Fitri

“Pahala menghadiri Salat Idul Fitri setara dengan pahala melakukan umrah, dan pahala menghadiri Salat Idul Adha setara dengan pahala melakukan haji,” kata sahabat Mikhnaf ibn Sulaym (RA). (Al-Ma’arif Lata’if)

Pastikan Anda menghadiri Salat Idul Fitri dengan aman dan dengan tujuan untuk menuai pahala haji. Juga, beri tahu seluruh keluarga Anda!

5. Masjid sebagai tempat belajar dan mengajar

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *